Mitsubishi Berbagi Ilmu Teknologi Fuso Kepada Guru SMK Binaannya

DAPURPACU – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) kembali menggelar pelatihan otomotif secara virtual kepada guru-guru SMK mitra binaannya, beberapa waktu lalu.

Dilaksanakan dalam dua grup, pelatihan ini diikuti sebanyak 30 guru dari 15 SMK mitra binaan KTB yang tersebar di sembilan Provinsi di Indonesia. Untuk grup pertama digelar pada 25-29 Januari 2021 dan grup kedua 1-5 Februari lalu.

Kegiatan pelatihan teknologi otomotif ini merupakan salah satu bagian dari Fuso Vocational Education Program (FUSO-VEP), yang bertujuan untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang kejuruan otomotif secara berkelanjutan.

Dony Hermawan, Head of Public Relations & Corporate Social Responsibility Department KTB, mengatakan bahwa KTB memahami pentingnya peran dari para guru dalam mencetak lulusan berkualitas.

“Yang nantinya akan menjadi bagian dari perkembangan industri otomotif Indonesia. Karena itu, KTB berkomitmen untuk berbagi pengetahuan dan referensi pengajaran kepada para guru meskipun di tengah kondisi pandemi seperti saat ini,” jelasnya.

Baca juga:  Mitsubishi Fuso Target Optimis Pangsa Pasar 41 Persen di 2024

Menurutnya, semangat dari kegiatan ini juga sejalan dengan upaya Pemerintah Indonesia, mewujudkan sinkronisasi link and match antara standar kompetensi industri dengan kurikulum pendidikan SMK, guna mencetak lulusan yang berkualitas dan siap masuk ke dunia kerja.

Dalam pelatihan teknologi otomotif kali ini, para peserta mendapatkan materi Fuso Service Technician Education Program 1 Plus (F-STEP 1 Plus) yang sudah tersertifikasi.

Materi dikemas oleh para instruktur teknis dari 3S Training Department KTB, dengan mengombinasikan antara materi pelatihan soft skill seperti budaya kesehatan dan keselamatan kerja di dealer.

Pada pelatihan ini, KTB mengenalkan teknologi mesin common-rail pada Fuso Fighter.

Selain itu, diberikan juga pengetahuan hard skill, seperti prosedur overhaul engine, chassis, electrical, PDI, dan penggunaan measurement tools.

KTB juga mengenalkan kepada para peserta tentang teknologi terkini dari mesin common-rail yang dibenamkan pada produk MDT (Medium Duty Truck) Fuso Fighter.

Dony memaparkan, KTB selalu mengartikan kegiatan CSR sebagai ungkapan terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap produk dan layanan Mitsubishi Fuso. Selama 50 tahun, KTB telah tumbuh bersama masyarakat Indonesia.

Baca juga:  Mitsubishi Fuso Target Optimis Pangsa Pasar 41 Persen di 2024

“Kami berharap bisa terus untuk menjaga komitmen terbaik tidak hanya dari sisi bisnis, melainkan dapat turut serta dalam upaya bersama mencerdaskan bangsa,” pungkasnya. [dp/MTH]

Previous articleHino Indonesia Tingkatkan Fasilitas Layanan Pada Diler ini
Next articleDua Model Mitsubishi Diterjunkan Bantu Korban Bencana Alam