Kisah Revolusi Listrik, Bermula Peugeot VLV hingga New e-2008

DAPURPACU – Perkembangan mobil listrik bukan hal baru bagi Peugeot. Lebih dari 8 dekade, pabrikan mobil asal Perancis ini sudah memperkenalkan mobil bertenaga listrik.

Pertama kali Peugeot memperkenalkan dan memasarkan mobil listrik pada 1941, melalui VLV (Véhicule Léger de Ville – Light City Vehicle).

Selama Perang Dunia Kedua, kondisi penjatahan BBM saat itu membuat banyak pabrikan mobil mencari cara untuk sumber energi alternatif.

Beruntung, Peugeot menjadi pabrikan otomotif yang mulai tertarik pada alat penggerak ini. VLV dibangun di Paris pada periode Juni 1941 hingga Februari 1943.

Peugeot mengklaim total unit VLV yang berhasil terjual saat itu mencapai 377 unit. Setelah itu, Peugeot terus memperkenalkan dan menjual beragam mobil listrik. Berikut rinciannya.

Peugeot Bobslid 2000

Peugeot VLV
Menghadapi pendudukan Jerman (1941), Peugeot mengusulkan alternatif unik untuk waktu itu dengan menghadirkan model pertama mobil listriknya yakni VLV.

Mobil yang lazim disebut Kendaraan Kota Ringan ini, menjadi sebuah mobil kecil yang dirancang untuk kereta penggerak listrik yang efisien.

Inilah kendaraan cabriolet mini dengan dua kursi offset. Kendaraan ekonomis ini dirancang untuk penggunaan perkotaan untuk memenuhi kebutuhan transportasi.

Baca juga:  Peugeot Sudah Hadirkan 70 Persen Model Elektrifikasi

Didesain sebagai “mobil sepeda”, dengan jalur lebar di depan dan jalur sempit. Bersumber dari baterai sebagai tenaga utama, VLV menempatkannya di bagasi depan.

Sedangkan fungsi dari motor listrik tanpa diferensial-nya mengatur pergerakan dari roda belakang. Mobil ini mampu menjelajah hingga 70-80 km dalam kondisi baterai penuh.

PEUGEOT e-doll 2000

Dengan kecepatan maksmimal hanya 35 km/jam, VLV banyak digunakan oleh pekerja pos atau dokter. VLV diproduksi direntang tahun 1941 – 1943 di pabrik La Garenne di wilayah Paris.

Peugeot 106 Electric
Sebagai pabrikan Eropa pertama yang memasarkan kendaraan listrik kepada pemerintah dan perusahaan lokal pada 1989 (J5), Peugeot mulai memasarkan mobil listrik kepada personal Juli 1995 dengan 106 Electric.

Peluncuran komersial ini didahului oleh eksperimen yang dilakukan dalam kemitraan dengan EDF dan Communauté de Villes de La Rochelle dari akhir 1993 hingga akhir 1995.

Sebanyak 25 unit 106 Electric diuji oleh perorangan, profesional dan administrasi lokal. Mobil ini diproduksi pada 1990 hingga 2003 sebanyak 2.798.246 unit, termasuk 3.542 model listrik antara 1993 dan 2003.

Baca juga:  Peugeot Sudah Hadirkan 70 Persen Model Elektrifikasi

Peugeot Touareg
Diperkenalkan di Paris Motor Show 1996, Peugeot Touareg didaulat sebagai mobil off-road yang santai dan terbuka, serta senyap, tidak berbau dan ramah lingkungan.

Peugeot 9X8

Hal ini berkat penggunaan baterai nikel/kadmium hidrida yang ditempatkan di belakang kursi depan. Peugeot Touareg dihadirkan sebagai simbiosis nyata antara perjalanan, rekreasi dan alam.

Mesin listriknya menghasilkan tenaga 35,5 kW, dipadukan dengan mesin satu silinder yang berfungsi sebagai generator yang memungkinkan baterai untuk diisi ulang secara mandiri dan memberikan jangkauan 300 km pada 15 liter bahan bakar.

Peugeot EX1
Dirancang pada 2010, mobil tersebut hadir untuk merayakan ulang tahun Peugeot yang ke-200. Mobil konsep 100% elektrik ini adalah roadster.

Dua tempat duduk dengan gaya futuristik dan arsitektur asli, didesain menawarkan sensasi berkendara yang intens dan nyata.

EX1 mampu berakselerasi dari titik diam hingga 100 km/jam hanya dalam 2,24 detik, sementara untuk mencapai kecepatan tertinggi 260 km/jam dalam 5,1 detik.

Performanya, yang dihasilkan dari aerodinamis, struktur ultra-ringan dan dua mesin listrik, memberikan daya kumulatif maksimum 250 kW (340 hp) yang tersebar di sistem penggerak 4 rodanya.

Baca juga:  Peugeot Sudah Hadirkan 70 Persen Model Elektrifikasi

Berkat struktur karbon dan bobotnya yang ringan, mobil konsep EX1 memecahkan enam rekor dunia tak hanya di Sirkuit Montlhéry yang legendaris, juga di Cina.

New Peugeot e-2008
SUV listrik milik Peugeot melakukan debutnya di Canton Motor Show 2019, sebagai interpretasi ultra-modern dari pengalaman berkendara yang naluriah dan serbaguna.

Peugeot e-2008

Desain sebagai SUV sejati berpadu kuat dengan gaya yang khas Eropa. Teknologi terkini diwujudkan melalui generasi baru i-Cockpit® 3D, peralatan dan alat bantu mengemudi yang impresif.

Sebagai model SUV pertama bermesin litrik murni, Peugeot seperti ingin memberikan cara pandang kepada konsumennya akan sensasi baru sebuah mobil listrik.

Dengan jangkauan jelajah hingga 320 km (di bawah protokol persetujuan WLTP), bertenaga 100 kW (136 dk) dan torsi 260 Nm (tersedia dari 0 km/jam) memastikan akselerasi berkelas.

Karakter yang dinamis, SUV baru Peugeot e-2008 memberikan nuansa jalan dan kenikmatan berkendara yang menjadi ciri khas kendaraan merek tersebut. [dp/MTH]