Libur Panjang, Jaga Kondisi Motor Ketika Lama Ditinggalkan

DAPURPACU – Meski libur Natal dan Tahun Baru 2023 jatuh pada hari-hari nasional, bukan berarti masyarakat tidak memanfaatkannya untuk berencana berlibur, dengan cara mengambil cuti.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, tidak sedikit mereka memilih transportasi umum. Dengan begitu, kendaraan pribadi termasuk sepeda motor mereka bakal ditinggal di rumah.

“Bagi bikers yang memilih menggunakan alat transportasi selain sepeda motor, tentunya bisa lama meninggalkan kendaraan kesayangannya itu,” tulis Yamaha DDS 3, dalam siaran resminya.

Menghadapi kondisi seperti ini, penting untuk diperhatikan cara menjaga motor agar terawat dengan baik saat tidak digunakan dalam waktu cukup lama.

Ada beberapa poin yang perlu dilakukan pemilik terkait komponen motor dan menempatkannya di tempat yang aman, serta melakukan pengecekan sebelum dipakai kembali usai berlibur panjang.

Sehubungan dengan hal ini, Yamaha DDS 3 memberikan sejumlah tips sebagai arahan ketika motor tidak dipakai dalam periode lama. Berikut tipsnya:

Baca juga:  Pre Order Dimulai, ECGO EV Moto Langsung Kasih Subsidi
Usai tidak digunakan lama, ada baiknya oli mesin diganti agar performa motor tetap terjaga.

1. Cabut kabel negatif baterai, agar tidak ada arus yang terbuang,
2. Cuci sepeda motor sebelum bepergian, dengan begitu kondisi motor tetap bersih,
3. Ganti oli mesin, karena jika tidak diganti maka kotoran pada oli akan turun dan mengendap di dasar mesin,
4. Lumasi komponen yang sering bergerak, seperti lengan ayun, rantai, mounting dan lainnya supaya mencegah terjadinya karat,
5. Sebaiknya diletakkan di dalam ruangan, tempat yang tidak terkena panas dan hujan,
6. Disarankan memakai sarung motor sehingga motor tidak kotor.

Setelah motor ditinggalkan dalam waktu yang lama, jangan lupa untuk melakukan perawatan sepeda motor di bengkel resmi sebelum menggunakannya kembali beraktivitas.

Bagi Anda pemilik motor Yamaha, dapat dilihat diler-diler resmi terdekat melalui aplikasi My Yamaha Motor. Anda juga meningkatkan poin dan peringkat members sehingga makin banyak manfaat yang diperoleh. [dp/MTH]