Gelar Tekiro Mechanic Competition, Upaya Ciptakan Lulusan SMK Terbaik

DAPURPACU – PT Altama Surya Anugerah, distributor resmi merek perkakas dan peralatan otomotif, kembali menggelar ajang adu ketrampilan para siswa-siswi SMK bertajuk ‘Tekiro Mechanic Competition 2023’.

Diikuti para siswa-siswi SMK jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM), dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), ajang kompetensi ini merupakan kali kedua dilaksanakan oleh perusahaan.

Tujuan utamanya adalah mempersiapkan lulusan SMK terbaik yang siap memasuki dunia kerja nantinya. Di kali kedua penyelenggaraannya diikuti 14.013 siswa-siswi dari 152 sekolah di wilayah Jabodetabek.

Public Relation dan Digital Marketing Tekiro, Dody Sanjaya menuturkan, kompetisi ini merupakan bagian dari program yang sudah digelar oleh perusahaan, yaitu Altama Goes to School.

“Program ini merupakan bagian dari aktivitas CSR perusahaan pada dunia pendidikan. Ajang ini khusus kami dedikasikan kepada para siswa-siswi yang lingkup pendidikannya di otomotif roda dua,” jelasnya.

Disela pemaparannya di kantor Tekiro, Jl Bandengan Utara 85A No.8-9, Jakarta Utara, Dody menjelaskan bahwa digelarnya kembali even ini karena tingginya minat pelajar pada kompetisi ini.

Baca juga:  Tekiro Perkenalkan Portable Jumper 'Anti Ribet' di GIIAS 2024

Kompetisi ini sendiri sudah dihelat sejak Februari – April 2023 lalu secara daring untuk babak seleksi. Berlanjut pada sesi penyisihan di bulan berikutnya (Mei).

Untuk babak semifinal dan penentuan lima SMK terbaik dilaksanakan di akhir pekan lalu, Sabtu – Minggu (17-18/6) lalu. Di babak penyisihan dipilih 20 SMK kemudian di seleksi kembali menjadi 10 sekolah.

Ke 10 inilah yang masuk babak final. Uniknya, Tekiro membentuk tiga peserta dari sekolah berbeda untuk nantinya dijadikan sebagai satu tim, dengan tujuan dapat bekerja sama dalam satu tim.

“Kami merencanakan hal ini agar tiap tim dapat bekerja sama dalam merakit, menguji kendaraan dan menyelesaikan segala soal yang diuji,” imbuh Dody.

Menurut Novitasari, Ketua Tekiro Mechanic Competition 2023, ajang keterampilan otomotif ini memiliki keunikan dari kompetisi sejenis, yakni pesertanya berbentuk tim yang terdiri oleh tiga orang.

Baca juga:  Tekiro Perkenalkan Portable Jumper 'Anti Ribet' di GIIAS 2024

“Lomba ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar tentang berkolaborasi, komunikasi, dan kerja sama tim yang efektif,” ucap Novita.

“Dengan metode yang kami lakukan ini diyakini mampu diterapkan dan sangat penting bagi para peserta di dunia nyata, dimana bekerja sama secara tim menjadi bagian penting dalam industri,” pungkasnya.

Pihak Altama Surya Anugerah telah menyiapkan hadiah senilai total puluhan juta rupiah untuk lima pemenang peserta terbaik dari kompetisi tersebut. Plus prioritas jadi karyawan bengkel B-Quick. [dp/TH]

Berikut juara Tekiro Mechanic Competition 2023

Juara 1 : SMKN 8 Kabupaten Tangerang
Juara 2 : SMKN 4 Jakarta
Juara 3 : SMK Bakti Mandiri, Bekasi
Harapan 1 : SMKN 26 Jakarta
Harapan 2 : SMK YP IPPI Cakung

Previous articlePiaggio Tebar Hadiah Motor di JFK 2023, ini Caranya
Next articleMitsubishi Berikan Diskon Tiap Pembelian Aksesoris Resmi, Catat Periodenya