Ricciardo Membalap Hanya Pakai Gigi Enam


MONTE CARLO (DP) – Daniel Ricciardo mengungkapkan bahwa ia memenangi Grand Prix Monaco, Minggu (27/5), hanya menggunakan gigi enam dari delapan gigi yang ada setelah mengalami problem dengan mesin mobilnya.

Pebalap Australia itu tampil memukau sejak sesi latihan bebas dan kualifikasi, sehingga berhak start dari pole position. Sejak bendera start dikibarkan, jagoan Red Bull Racing itu sepertinya akan dengan mudah melahap setiap lap di sirkuit jalan raya Monte Carlo itu. Tapi menjelang pertengahan lomba, mesin mobil Ricciardo mengalami masalah sehingga tenaga mesin berkurang. Ia sudah melaporkan hal itu ke timnya melalui radio karena kecepatan mobilnya mulai melambat.

Namun demikian, meski kecepatan mobilnya berkurang sekitar 20km/jam, Ricciardo masih bisa mengatasi ancaman dari Sebastian Vettel.

“Saya tidak bisa menggunakan gigi tujuh dan delapan karena masalah itu. Tapi akhirnya saya berhasil. Ini adalah penebusan setelah berjuang selama dua tahun,” katanya.

Bos Red Bull, Christian Horner, melaui radio mengatakan kepada Ricciardo setelah balapan berakhir bahwa kemenangan yang diraih pebalapnya itu seperti yang dialami Michael Schumacher saat berhasil merebut podium kedua di Grand Prix Spanyol 1994 silam, ketika mobil Benetton yang dipacu saat itu hanya bisa dioperasikan hanya sampai gigi lima akibat masalah teknis.

Penampilan Ricciardo kali ini mendapat pujian dari timnya, karena ia mampu mengubah setelan dan gaya membalapnya untuk mengatasi masalah teknis yang menderanya. [dp/TGH]