Hamilton Raih Pole Position di GP Perancis, Mercedes Start 1-2


PARIS (DP) – Lewis Hamilton mencatat pole position ke-75 selama kariernya di Formula 1 setelah mencatat waktu terbaik di kualifikasi ketiga (Q3) Grand Prix Perancis, Sabtu (23/6), mengalahkan rekan setimnya, Valtteri Bottas.

Dengan begitu, tim Mercedes berhasil menempatkan dua pebalapnya start 1-2. Menggenapi barisan depan adalah jagoan tim Ferrari, Sebastian Vettel, yang unggul atas duo pebalap Red Bull, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo, yang masing-masing mengisi posisi start keempat dan kelima.

Posisi start keenam dihuni rekan setim Vettel, yakni Kimi Raikkonen, yang kedodoran pada putaran akhir Q3 setelah ban mobilnya robek.

Untuk posisi ketujuh dihuni pebalap Renault, Carlos Sainz Jr., diikuti Charles Leclerc dari tim  Sauber yang berhasil tampil di Q3 untuk pertama kalinya dalam kariernya di F1.

Sedangkan pebalap tim Haas, Kevin Magnussen, merasa merasa frustrasi dengan berada di posisi kesembilan setelah merasa ditahan oleh Raikkonen di putaran akhir kualifikasi.

Baca juga:  Juara GP Perancis, Hamilton Puncaki Klasemen Pebalap

Setelah gagal tampil cepat pada latihan bebas kedua dan ketiga, duo jagoan tim Force India, Esteban Ocon dan Sergio Perez, yang tereliminasi di Q2, harus puas start dari posisi ke-11 dan 13. Keduanya akan mengapit pebalap Renault, Nico Hulkenberg, yang akan start dari urutan ke-12.

Untuk posisi start ke-14 dan 15 masing-masing akan dihuni Pierre Gasly (Toro Rosso) dan Marcus Ericsson (Sauber).

Sementara itu, enam hari setelah menjuarai balap ketahanan 24 jam di Le Mans bersama Toyota, Fernando Alonso justru terseok di kualifikasi GP Perancis sehingga menempatkannya start di urutan ke-16.

Kemudian, Brendon Hartley dari Toro Rosso membuntuti Alonso di urutan ke-17, dan posisi ke-18 hingga 20 masing-masing diisi Stoffel Vandoorne (McLaren) dan duo Williams, yaitu Sergey Sirotkin dan Lance Stroll.

Untuk balapan di Sirkuit Paul Ricard ini akan digelar pada Minggu WIB. [dp/TGH]