Datsun Siapkan SUV Bermesin 1.0 Turbo | dapurpacu.id

Datsun Siapkan SUV Bermesin 1.0 Turbo


NEW DELHI (DP) – Nissan dan Datsun menjanjikan kelahiran beberapa model baru serta facelift, dan salah satu model anyar itu adalah SUV.

Hal itu diungkapkan Presiden Nissan India Operations, Thomas Kuehl, dalam wawancara dengan Autocar India.

Menurut Kuehl, Nissan akan memiliki beberapa model baru untuk beberapa segmen baru di pasar otomotif India, termasuk model SUV.

“Anda akan melihat satu model SUV Datsun berharga di bawah Rs 10 lakh (Rp200 jutaan). Saya tak bisa bicara banyak, tapi saya janji kepada Anda bahwa model baru ini akan menjadi pembunuh di pasar,” janji Kuehl.

Tapi Kuehl belum mau menguak detail dari SUV baru ini, yang diperkirakan akan menggunakan platform CMF yang dikembangkan Renault-Nissan Alliance. Platform ini juga akan dipakai satu model MPV Renault yang akan hadir pada kuartal pertama 2019.

Dari sisi dimensi, SUV Datsun ini akan memiliki panjang kurang dari 4 meter. Sedangkan mesinnya tersedia satu pilihan saja, yaitu mesin bensin 1.0 liter seperti yang dipakai Datsun Redigo. Bedanya, mesin untuk SUV bakal dibekali turbo.

Untuk strategi harga, Kuehl menyebut SUV bermerek Datsun akan dibanderol di bawah Rp200 jutaan, sementara untuk label harga di atas Rp200 juta akan disematkan pada SUV kompak bermerek Nissan.

Kuehl juga mengakui bahwa sejak diluncurkan pada 2014, brand Datsun kurang moncer di pasar. Kondisi itu tak hanya terjadi di India, tapi juga di Indonesia. Masalah utamanya adalah minimnya pembaruan dan model baru untuk menarik minat konsumen di tengah ketatnya persaingan.

“Untuk saat ini, kami tak memiliki portofolio produk yang kuat, jadi kami akan mengatasi masalah ini. Memang benar, manajemen life cycle (siklus hidup kendaraan) kami bukan yang terbaik saat ini. Tapi dengan adanya perayaan hari besar setiap enam bulan di India, itu akan menjadi kesempatan untuk memperkenalkan produk baru atau upgrade model yang sudah ada,” imbuhnya di sela peluncuran model facelift dari Datsun Go dan Go+. [dp/TGH]