Buntut Recall, Korea Selatan Larang Warganya Pakai BMW | dapurpacu.id

Buntut Recall, Korea Selatan Larang Warganya Pakai BMW


SEOUL (DP) – Demi keselamatan warganya, otoritas di Korea Selatan melarang penggunaan semua mobil merek BMW karena mobil buatan Jerman itu rawan mengalami kebakaran.

Pada awal bulan ini, BMW mengumumkan akan melakukan penarikan produk (recall) dalam jumlah besar untuk kendaraan yang dipasarkan di Korea Selatan dan Eropa karena berpotensi terbakar.

Para pemilik mobil BMW yang berpotensi terkena recall diminta untuk membawa kendaraan mereka ke dealer BMW terdekat untuk menjalani pengecekan dan bila perlu dilakukan perbaikan. Bagi warga Negeri Ginseng pemilik BMW, kemungkinan mengalami kebakaran pada mobil mereka telah memicu kecemasan dan ketakutan. Apalagi mereka juga terancam hukuman bila sampai mobil mereka belum diperiksa dan mengalami kebakaran.

Untuk itu, pemerintah Korea Selatan mengancam akan menggugat para pemilik BM yang diketahui tetap mengemudikan mobil mereka yang belum menjalani pemeriksaan. bahkan ada ancaman hukuman penjara selama setahun jika sampai mobil yang terkena recall tersebut terbakar.

Baca juga:  Promo BMW Astra Offer Ever 2020 Balik Lagi

Ancaman itu tentu saja agar para pemilik BMW tidak meremehkan potensi kecelakaan yang kemungkinan terjadi, sehingga mereka segera memeriksakan kendaraan ke dealer BMW terdekat. Dari 100.000 unit kendaraan BMW yang terkena recall, sekitar 27.000 unit belum diperiksakan dan diperbaiki.

Selain itu, Kementerian Transportasi dan Infrastruktur Korea Selatan telah mendesak BMW untuk mencarikan solusi alternatif untuk memudahkan konsumen mereka dan menyediakan 14.000 mobil pengganti untuk digunakan konsumen saat mobil mereka diperbaiki.

Adapun masalah teknis yang dapat menjadi mimpi buruk para pengguna BMW itu berasal dari exhaust gas recirculation module (EGR), yaitu modul yang mengatur gas buang kendaraan.

Terdeteksi ada pendingin glikol yang keluar dan menumpuk di modul EGR. Bahan pendingin ini dapat bercampur dengan karbon dan kerak oli, sehingga rawan terbakar. Karena tingginya temperatur di modul tersebut, tumpukan deposit itu dapat terbakar, kemudian melelehkan intake manifold dan memicu kebakaran.

Baca juga:  Promo BMW Astra Offer Ever 2020 Balik Lagi

Sejauh ini di Korea Selatan sudah ada sekitar 40 unit BMW terbakar akibat masalah teknis tersebut.

Pada 9 Agustus, BMW mengumumkan recall, yang juga menyasar konsumen di Eropa, terhadap sekitar 300.000 unit kendaraan dari berbagai tipe (3 Series, 4 Series, 5 Series, 6 Series, 7 Series, X3, X4, X5, X6).

Seluruh model yang mengalami masalah tersebut bermesin diesel 4 silinder yang dirakit mulai April 2015 hingga September 2016, sedangkan untuk yang bermesin diesel 6 silinder diproduksi mulai July 2012 hingga Juni 2015. [dp/TGH]