Ada Rival Nissan GT-R Versi Murah dari Daihatsu


TOKYO (DP) – Di jajaran mobil sport dunia, Nissan R35 GT-R termasuk yang dikagumi karena performanya. Ingin mengejar popularitas GT-R, lahirlah versi murah berlogo Daihatsu dengan tampilan yang bagai pinang dibelah dua dengan jagoan Nissan itu.

Tapi jangan keburu penasaran dengan performa Daihatsu ‘pesaing’ Nissan GT-R ini, karena model ini hanyalah sama dari sisi tampilan, untuk dapur pacunya hanyalah mesin 660cc turbocharged. Bandingkan dengan mesin GT-R yang berkapasitas 3.500cc yang bertenaga 570 hp, jelas kemampuan Daihatsu tak sebanding.

Model sport Daihatsu itu sebenarnya adalah jelmaan dari Copen yang sudah di-custom oleh tangan-tangan terampil anak buah Kato Wataru, anak muda Jepang pendiri dan sekaligus bos bengkel tuning bernama Liberty Walk.

Dengan penambahan body kit garapan Liberty Walk, Copen yang memiliki tongkrongan ceper, langsung klop dengan ‘baju’ barunya. Gaya widebody yang diadopsi Copen ala Liberty Walk ini sangat mirip dengan tampilan Nissan R35 GT-R. Tentu saja, karena kru Liberty Walk memang sengaja menyontek gaya GT-R untuk diterapkan pada proyek barunya itu.

Baca juga:  Brand Mobil Grup Astra Kedodoran di Awal Tahun

Tapi itu semua berkat kelihaian Liberty Walk yang dapat menyesuaikan proporsi body kit dengan Daihatsu Copen yang secara lahiriah kecil. Namun, karena GT-R sangat ceper, maka proporsi itu menjadi sangat pas dengan Copen garapan Liberty Walk.

Proyek ‘copy-paste’ yang menyasar dua unit Copen tersebut lebih terkonsentrasi pada bagian bumper depan, yang benar-benar meniru desain gril GT-R facelift dan juga penempatan logonya. Selain itu, kedua GT-R ‘jadi-jadian’ itu juga dilengkapi spoiler tajam dan sayap besar di belakang.

Fender berukuran besar pada Copen ini menjadi trademark dari body kit garapan Liberty Walk, menjadikan baby GT-R ini memiliki tampilan agresif layaknya GT-R original.

Untuk versi standar, Copen memiliki panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.280 mm dan dibangun di atas kerangka monokok ringan bernama D-Frame.

Copen mengusung mesin 660cc turbocharged 3 silinder bertenaga 64 hp dan torsi 92 Nm (68 lb-ft). Tersedia dua pilihan transmisi yaitu CVT atau manual 5-speed.

Baca juga:  Wuling Serahkan Bantuan Untuk Korban Sulteng

Di Jepang, Copen dibanderol dengan harga mulai Rp250 jutaan, tak murah juga untuk ukuran mobil bermesin imut. Tapi jelas jauh lebih murah ketimbang GT-R yang dihargai sekitar Rp1,5 miliar. [dp/TGH]