Hamilton Juara GP Italia, Vettel Keempat


MONZA (DP) – Lewis Hamilton merebut kemenangan dalam balapan mendebarkan dan kontroversial di Grand Prix Italia, Minggu (2/9), setelah terlibat tabrakan pada lap pertama dengan Sebastian Vettel.

Pebalap Mercedes itu bertarung sengit dengan duo Ferrari, Vettel dan Kimi Raikkonen, yang memegan pole position. Pertarungan seru di antara ketiganya terjadi di sepanjang laga, termasuk saat Hamilton menyalip Vettel di tikungan pertama dengan balapan tersisa sembilan lap lagi.

Hamilton bersama Mercedes tak hanya memupus harapan tim kuda jingkrak untuk menang di kandang setelah pertama kali mengunci kemenangan sebagai pemegang pole position dan juara di Monza pada 18 tahun lalu, tapi kemenangan ini sekaligus memperlebar selisih poin atas Vettel menjadi 30 poin dalsm klasemen sementara pebalap.

Keunggulan Hamilton itu diraih dalam tujuh seri balapan, dan kini tersisa 175 poin total hingga musim ini berakhir.

Pebalap Inggris itu akan kembali mencoba peruntungannya di sirkuit favoritnya, Singapura, pada seri berikut.

Keganasan Ferrari mulai teredam dalam empat tikungan pertama di lap awal, ketika Vettel spin mencoba untuk mempertahankan diri dari serangan mendadak Hamilton pada chicane kedua pada lap pertama.

Hamilton mengambil sisi luar tikungan dan sedikit ke depan mobil Vettel saat mereka berdua mengarah ke tikungan setelah pebalap Jerman itu melihat sedikit celah untuk melewati rekan setimnya, Kimi Raikkonen yang start dari pole position.

Mobil Vettel kemudian meluncur ke arah mobil Mercedes Hamilton di tengah-tengah chicane dan dia spin dengan bagian depan mobilnya menabrak mobil lawannya sehingga sayap depannya patah.

Jagoan Ferrari itu komplain melalui radio, tapi pengawas lomba menilai itu adalah insiden balapan biasa.

Vettel akhirnya mampu bertahan dan bahkan sanggup menembus posisi keempat menyusul penalti lima detik diberikan kepada pebalap Red Bull, Max Verstappen, yang membuatnya terlempar ke posisi kelima. Podium ketiga dihuni rekan Hamilton, Valtteri Bottas. [dp/TGH]