Upaya Kota dan Kabupaten Ini Ciptakan Kondisi Kondusif di Jalan


JAKARTA (DP) – Adira Insurance kembali menggelar ajang Indonesia Road Safety Award (IRSA) untuk keenam kalinya. Dan pada IRSA 2018, sejumlah kota dan kabupaten berhasil meraih predikat terbaik dalam hal menciptakan kondisi kondusif di jalan.

Terus dihelatnya kegiatan ini, selain sebagai bagian dari kampanye keselamatan jalan melalui tagline ‘I Wanna Get Home Safely’, langkah tersebut juga untuk mendorong setiap wilayah di Indonesia untuk menerapkan sistem tata kelola keselamatan jalan yang baik di kota dan kabupatennya masing-masing.

Kecelakaan lalu lintas (laka lantas) masih menjadi momok tingginya korban jiwa di jalan raya. Kepolisian mencatat kasus laka lantas pada 2017 mencapai 98.414 kasus. Jumlah ini tergolong turun sekitar 7% dibandingkan tahun sebelumnya yakni sebanyak 105.374 kasus.

Dampak kecelakaan itu merenggut sekitar 24.213 jiwa pada 2017. Angka ini turun sekitar 6% dibandingkan setahun sebelumnya yang sebanyak 25.859 jiwa. Walaupun mengalami penururan setiap tahunnya, namun masih relatif tinggi dan diperlukan partisipasi dan kolaborasi semua pihak untuk mewujudkan zero accident di Indonesia.

Baca juga:  IMOS 2018 Dibuka Resmi, Tekankan Teknologi Ramah Lingkungan
Foto: NTMC Polri

Sejak awal penyelenggaraan, IRSA merupakan bentuk kolaborasi dan sinergitas dengan lima Pilar Keselamatan Jalan di Indonesia yang disesuaikan dengan Rancangan Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Jalan. Diantaranya Kementerian PPN/BAPPENAS, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PURR), Kementerian Perhubungan, Korps Lalu Lintas RI dan Kementerian Kesehatan.

“Harapannya kolaborasi yang terjalin ini dapat mendorong pelaksanaan penerapan program keselamatan jalan yang baik dan menurunkan tingkat kecelakaan di Indonesia,” ujar Chief Executive Adira Insurance, Julian Noor di Jakarta (13/12).

Tahun ini sebanyak 137 kota dan kabupaten ikut serta dalam IRSA 2018, dan terpilih 23 kota dan kabupaten finalis. Terpilihnya kota dan kabupaten tersebut berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan, dan data pendukung lain melalui tahap shortllisting.

Setelah survei dan observasi dilakukan, selanjutnya proses penjurian dan sharing session. Sharing session IRSA dilakukan di Surabaya pada Oktober lalu. Saat penjurian, finalis melakukan pemaparan mengenai masalah, program kerja, inovasi, dan evaluasi kebijakan, untuk pererapan program keselamatan jalan.

Baca juga:  Majukan Pendidikan, KTB Perbaiki Fasilitas Sekolah di Tangerang

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si., yang turut hadir dalam acara itu, mengatakan sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Adira Insurance dengan IRSA tersebut.

Kakorlantas Refdi Andri menyerahkan piagam penghargaan kepada salah satu pemenang. Foto: NTMC Polri

Dirinya mengaku pihaknya sangat sulit mencari kota dan kabupaten yang dari tahun ke tahun semakin tertib. Meski dikemas dalam bentuk kompetisi, lanjutnya, tiap-tiap daerah bisa saling menjadi yang terbaik.

“Dengan adanya terobosan yang dilakukan pihak swasta, kita bisa lihat 5 atau 10 tahun berturut-turut sudah dilakukan itu, sehingga setiap daerah berkompetisi. Dampaknya tentu ada. Keamanan, ketertiban, kelancaran lalu lintas itu akan menjadi hal yang utama,” pungkas Refdi. [dp/MTH]

Berikut daftar kota dan kabupaten pemenang IRSA 2018:

– Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi – Bandung
– Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah – Samarinda
– Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi – Pacitan
– Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah – Bangka
– Kategori Kota/Kabupaten “Excellent City 2017” – Semarang
– Kota/Kabupaten dengan program inovasi terbaik dalam upaya meningkatkan tata kelola keselamatan jalan : Bandung
– Kota/Kabupaten terbaik pada program edukasi keselamatan jalan : Bandung
– Kota/Kabupaten terbaik pada upaya meningkatkan jumlah penggunaan angkutan umum : Semarang
– Kota/Kabupaten dalam penerapan konsep smart city pada program keselamatan jalan : Semarang
– The Most Inspiring City in Road Safety : Surabaya