Sistem Teranyar Swakemudi Toyota Menempel di Lexus LS


LAS VEGAS (DP) – Beberapa tahun silam, Toyota telah menggelontorkan mega investasi untuk penelitian mobil swakemudi, yang dilakukan oleh Toyota Research Institute (TRI), sebuah lembaga yang didirikan di Amerika Utara pada 2015.

Selama kurun waktu 3 tahun berjalan, TRI berhasil mewujudkan berbagai sistem swakemudi yang diuji di berbagai model kendaraan. Dan di tahun ini, bersamaan dengan digelarnya Consumer Electronics Show (CES), evolusi terbaru dari sistem tersebut bakal ditampilkan.

Diberi nama TRI-P4, sistem ini dipasangkan pada Lexus LS. Dipilihnya sedan mewah generasi kelima ini karena LS punya sasis dan teknologi kontrol kemudi yang mumpuni.

Pihak Toyota mengklaim pemilihan sedan tersebut disebabkan kelincahannya yang lebih baik dan memungkinkan untuk bermanuver lebih responsif, serta halus selama sistem kemudi otomatisnya bekerja.

Interpretasi baru dari sistem ini dibangun di atas Platform 3.0 sebelumnya, dengan menambahkan beberapa tambahan yang dimaksudkan untuk membuatnya lebih mampu daripada sebelumnya.

Baca juga:  Menyimak Cara Toyota Muliakan Peserta Olimpiade Tokyo 2020 (3)

P4 menyusupkan dua tambahan kamera guna meningkatkan kewaspadaan situasional, yang ditempatkan di kedua sisi pintu depan, serta sensor pencitraan baru yang mengarah ke depan dan ke belakang.

Sistem radar pun telah dioptimalkan untuk meningkatkan bidang pandang, terutama untuk deteksi jarak dekat di sekeliling kendaraan, sementara LIDAR tetap sama seperti sebelumnya.

P4 disematkan teknologi chip baru yang dapat mengoperasikan lebih banyak algoritma pembelajaran mesin secara paralel untuk pembelajaran yang lebih cepat. Chip ini menggunakan baterai hybrid mobil guna mendapatkan daya yang dibutuhkannya.

Sedangkan baterai berdaya 12 volt yang biasanya digunakan untuk tugas ini, sekarang hanya difungsikan sebagai peranti cadangan.

Konfigurasi ulang perangkat keras sistem pada Lexus LS – kotak komputer yang sekarang berada di bagasi, terselip secara vertikal di kursi belakang – memungkinkan akses bebas dan luas untuk penempatan barang.

Pihak Toyota mengatakan bakal memulai memproduksi P4 pada musim semi tahun ini, yang dilanjutkan menuju program pengujian mengemudi otomatis Guardian dan Chauffeur. [dp/MTH]