Pickup Terlaris Toyota Ini Mulai ‘Operasi’ Wajah


LOS ANGELES (DP) – Toyota memiliki reputasi cukup apik di segmen pickup bongsor di Amerika Serikat dengan mengandalkan model Tacoma. Di Negeri Paman Sam ini, Tacoma menjadi penantang serius bagi pickup-pickup lansiran The Big Three, yakni General Motors, Ford dan Chrysler.

Pada 7 Februari mendatang, Toyota akan menampilkan model anyar dari Tacoma di ajang Chicago Auto Show 2019. Kehadiran pickup terlaris Toyota ini diyakni akan semakin menancapkan kaki model ini lebih dalam di segmen pickup di Amerika, sekaligus bakal mendongkrak pangsa pasarnya.

Menjelang kemunculannya di Chicago, Toyota merilis gambar teaser yang menampakkan siluet bagian depan Tacoma model 2020. Dari gambar tersebut, terlihat tak terlalu banyak ubahan yang dilakukan pada Tacoma anyar. Ubahan yang paling kentara adalah desain lampu depan yang sedikit lebih pipih, kemudian gril lebih lebar dengan kerangka yang lebih tipis.

Baca juga:  Ratusan Member Teruci Padati Kota Bekasi
Toyota Tacoma 2019

Toyota sejauh ini belum menguak banyak informasi seputar Tacoma 2020. Tapi yang jelas, model ini adalah versi facelift dari ubahan yang dilakukan pada empat tahun lalu. Untuk interior, sepertinya ubahan juga tak terlalu besar. Hanya saja, diyakini Tacoma 2020 akan dibekali fitur-fitur dan teknologi terbaru Toyota.

Tapi aspek yang penting dengan diluncurkannya Tacoma 2020 adalah bakal ditingkatkannya produksi di pabrik San Antonio, sehingga diharapkan dapat memenuhi kian tingginya permintaan terhadap model pickup dan SUV belakangan ini.

Autonews melaporkan bahwa Toyota dalam beberapa tahun terakhir kesulitan memenuhi permintaan untuk model pickup. Hal itu terlihat dari larisnya Tacoma, yang pada 2018 mampu terjual sebanyak 245.659 unit, atau melonjak 24 persen dibandingkan 2017.

Tahun lalu, Tacoma menjadi pickup terpopuler keempat di Amerika, dengan menguasai 8,3 persen pangsa pasar, atau hanya kalah dari ‘Big 3’ – Ford F series, Chevrolet Silverado dan Ram.

Baca juga:  Toyota Sienta Community Ajak Masyarakat Cerdas dalam Berkendara

Hebatnya lagi, Tacoma juga mampu mengalahkan model GMC Sierra, serta gabungan penjualan dari Chevrolet Colorado dan GMC Canyon. Dengan begitu, Tacoma ikut meningkatkan pangsa pasar pickup medium di AS, yang kini sebesar 47 persen.

Dengan kehadiran Tacoma 2020, ditambah dengan kemungkinan terselesaikannya masalah produksi di fasilitas manufaktur milik Toyota, membuat dealer milik raksasa otomotif Jepang di seantero Amerika semringah dan optimistis terhadap masa depan Tacoma. Mereka pun berharap dapat kembali merayakan ‘pesta’ akhir tahun ini berkat larisnya model SUV dan pickup di tengah lesunya penjualan sedan. [dp/TGH]