Ini Alasan Pembuka GIIAS Dilaksanakan di Surabaya

Surabaya menjadi kota pembuka dari serangkaian gelaran GIIAS tahun ini.

JAKARTA (DP) – Rangkaian GIIAS 2019 telah dipastikan bakal dimulai di Kota Pahlawan Surabaya. Mengambil tempat di Grand City Mall pada 29 Maret – 7 April 2019, bukan tanpa alasan bagi pihak Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selaku penggagas perhelatan tahunan tersebut.

Dengan bergantinya konsep pameran menjadi ‘GIIAS 2019 The Series’, Ketua Penyelenggara GIIAS 2019, Rizwan Alamsjah mengklaim di kota kedua terbesar di Indonesia ini terus mencatatkan kenaikan positif.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua III Gaikindo itu menggambarkan Surabaya sebagai kota terbaik untuk membuka seri GIIAS 2019, dan sebuah platform tepat bagi APM untuk melakukan peluncuran produk terbarunya pada kuartal pertama.

“Sebagai salah satu kota besar yang berada di wilayah Jawa Timur, dimana Jawa Timur selalu mencatat pertumbuhan ekonomi di atas pertumbuhan ekonomi nasional, saya rasa sangat tepat Surabaya membuka GIIAS 2019 The Series,” kata Rizwan di Jakarta, Selasa (26/2).

Baca juga:  GIIAS The Series Tinggal Menghitung Hari

Selain itu, lanjut Rizwan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur pada 2018 tercatat 5,4%, di atas pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 5,15%.

“Dan, diperkirakan pada tahun 2019 ini pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Timur akan mencapai 5,6%,” tambah Rizwan.

Bakal menggunakan lahan seluas lebih dari 9.000 m2, 15 peserta merek kendaraan penumpang dan komersial bakal berpartisipasi pada pembukaan rangkaian GIIAS tahun ini per Februari ini.

Mereka adalah Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling, sementara dari kendaraan niaga ada Isuzu dan Mitsubishi Fuso.

Berbagai program juga akan menyemarakkan GIIAS Surabaya, selain program annual seperti test drive, test ride, community gathering, dan auto contest, tahun ini GIIAS Surabaya juga akan menyelenggarakan program GIIAS Autopreneur.

Dalam program ini bakal menghadirkan beberapa influencer otomotif dan pakar-pakar otomotif dari Surabaya untuk memberikan pengetahuan tentang bisnis dibidang otomotif yang sedang berkembang saat ini. [dp/MTH]