GIIAS The Series Tinggal Menghitung Hari


JAKARTA (DP) – Rangkaian pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tengah dipersiapkan dengan matang oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selaku penggagas perhelatan tahunan tersebut.

Untuk tahun ini, Gaikindo telah menjadwalkan empat kota sebagai lokasi dari ‘pesta’ industri otomotif di Tanah Air ini, dan Surabaya menjadi kota pertama yang menghelat gelaran tersebut pada 29 Maret – 7 April, dengan mengambil tempat di Grand City Mall.

Kemudian disusul di Jakarta dengan mengambil lokasi seperti biasa yaitu di ICE BSD City, Tangerang, 18-28 Juli. Diikuti di Makassar, 4 – 8 September di Celebes Convention Center, dan ditutup di Medan, 23-27 Oktober, di Santika Convention Center.

Dengan mengangkat tema besar ‘Future in Motion’, pihak Gaikindo berharap melalui gelaran ini dijadikan ajang mencari informasi terhadap perkembangan dunia otomotif saat ini.

“GIIAS adalah inspirasi teknologi otomotif. Jadi Gaikindo akan terus membangun GIIAS agar menjadi ajang paling lengkap dalam menyampaikan informasi terkini dari industri otomotif,” ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, disela-sela temu media di Jakarta, Selasa (26/2).

Baca juga:  Dengarkan Suara APM Soal Pengembangan Mobil Listrik!

“Terkait tema yang diangkat, bisa diartikan sebuah gerakan gelombang pengaruh teknologi, kendaraan listrik, otonom, dan digital. GIIAS 2019 akan membawa transformasi digital menjadi hidup,” lanjutnya.

Surabaya, Kota Pembuka GIIAS 2019

Sebagai kota perdana dari rangkaian GIIAS 2019, Surabaya telah mengonfirmasikan hingga kini ada 15 peserta dari merek mobil penumpang dan komersial berpartisipasi.

Mereka adalah Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Wuling, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, BMW, Wuling, Isuzu, dan Mitsubishi Fuso. Juga diramaikan puluhan merek dari industri pendukung.

“Hingga terakhir kemarin, data terakhir yang kami himpun ada tambahan dari Mitsubishi Fuso dan BMW, yang telah menyatakan diri berpartisipasi di Surabaya. Jadi totalnya sementara ini 15 merek,” jelas Romi, Presiden Direktur Seven Event.

Tidak hanya kendaraan penumpang, deretan merek kendaraan niaga juga akan meramaikan GIIAS 2019.

Namun Romi mengakui dengan keterbatasan tempat yang ada, memungkinkan peserta yang ikut di GIIAS Surabaya bakal sedikit. Meski begitu, pihaknya terus mengusahakan adanya ruang tambahan guna mengakomodir peserta lain yang tertarik ikut.

Baca juga:  Pertamina Lubricants dan YLKI Setuju SNI Wajib Pelumas Otomotif

Sementara untuk GIIAS di Jakarta, telah terdata sebanyak 32 merek kendaraan penumpang dan komersial resmi berpartisipasi. Rinciannya, sebanyak 19 merek kendaraan penumpang dan enam kendaraan komersial, serta tujuh merek dari kendaraan roda dua.

Adapun ke 19 merek mobil tersebut meliputi Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling.

Sedangkan untuk merek komersial diantaranya FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, serta UD Trucks. Disusul merek motor yaitu Benelli, Honda, Kawasaki, Kymco, Piaggio, Suzuki, dan Viar. [dp/MTH]