Test Drive Peugeot 5008, Mandi Debu Tanah Merah BSD City


JAKARTA (DP) – Astra Peugeot cukup lama menghilang dari hiruk pikuk kegiatan otomotif tanah air. Tapi, belum lama ini, Astra Peugeot memperkenalkan Peugeot 5008 GT Line. Agen Pemegang Merek (APM) mobil asal pabrikan Perancis ini, kemudian mengajak para jurnalis untuk mencoba kelebihan SUV 7 penumpang tersebut dibanding kompetitornya.

Dalam rilisnya, Astra menyebut Peugeot 5008 GT line ini mampu menerabas berbagai kondisi jalan. Keistimewaan inilah yang menjadi salah satu andalan yang ingin dipublikasikan kepada para calon konsumen mobil berlambang Singa ini melalui sesi test drive yang berlangsung di sebuah lahan kosong milik BSD City, Kamis (4/7) pekan lalu.

Dengan mengaktifkan fitur Electronic Stability Program (ESP) mobil akan stabil karena under/over steer. Apabila pemilik mobil mengaktifkan switch Advanced Grip Control, mobil bahkan bisa melewati berbagai kondisi jalan. Pengemudi tinggal menekan switch yang ada di tengah console dashboard, dengan memilih mode berkendara Normal, Snow, Mud, Sand, atau ESP OFF.

Setelah mendapat pengarahan dari tim Astra Peugeot, para jurnalis diajak menuju sebuah lokasi tanah kosong. Teman yang sejak dari dealer Astra Peugeot memegang kemudi lalu mengubah mode pilihan berkendara dari normal  ke sand.  Sesaat setelah pedal gas diinjak agak dalam, suara ban belakang tedengar bergemuruh, mobil langsung melesat lurus dengan kecepatan lebih dari 50 km per jam, kemudian berbelok tajam tanpa menginjak pedal rem, berputar-putar, meliuk-liuk ke kiri dan kanan.

Dari kaca pintu baris kedua, saya melihat debu berterbangan menyelimuti Peugeot 5008 yang sedang kami ‘siksa’. Suspensi belakang yang menggunakan Pseudo-McPherson pada bagian depan dan deformable crossmember pada bagian belakang, ditambah sistem ESP bekerja secara optimal. Saya tidak merasakan gejala limbung atau ngesot saat mobil berputar-putar dalam kecepatan yang lumayan tinggi.  Sesi uji coba menggunakan fitur ini dilakukan berulang-ulang, secara bergantian termasuk dapurpacu.id.

Puas mencoba fitur sand, pengemudi langsung mengembalikan ke pilihan normal. Eittt! apa yang terjadi, mobil terasa agak sulit dikendalikan dan sedikit limbung, goncangan di kursi baris kedua lebih kencang. Sangat berbeda ketika pilihan mode berada di posisi sand, ban terasa mengcengkram tanah, ‘setajam kuku singa yang ada di logo Peugeot’. Mantap, gan.

Baca juga:  Suguhan Menarik Astra Peugeot di MTF Autofiesta Bandung

Dengan waktu yang sangat terbatas, puas atau tidak, kami harus mengakhiri sesi test drive Peugeot 5008 di tanah merah. Uji coba mengendarai mobil asal pabrikan Perancis ini dilanjutkan di jalan beraspal. Melewati jalan mulus dan lurus di kawasan BSD, SUV seven seater ini melaju dengan cukup kencang.

Tanpa disadari, ban mobil melindas garis pembatas jalan, seketika terdengar bunyi ‘beep’.  Sebaliknya, kalau berpindah jalur menggunakan sein, suara peringatan tidak akan berbunyi. Tak hanya itu, jika jarak kendaraan di depan atau belakang terlalu dekat, maka akan keluar peringatan di layar.

Rupanya teman saya yang duduk di balik kemudi penasaran. Kali ini dia sengaja menerabas pembatas jalan, suara ‘beep’ kembali terdengar. Tapi ketika lampu sein dinyalakan layaknya ingin berbelok, suara ‘beep’ tidak menyala. “Wah! hebat nih mobil,” komentar para jurnalis yang duduk sebagai penumpang.

Sistem peringatan ini terdapat pada fitur Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) yang meliputi driver attention alert, lane departure warning, hingga 360 degree reverse camera with park assist.

Seorang pendamping kami dari Astra Peugeot kemudian menyarankan untuk mengubah dari mode normal ke mode berkendara sport. Saat pedal gas diinjak lebih dalam,  ‘Sang GT Line’ melesat dengan sangat cepat, dalam hitungan detik sudah di atas 100 km per jam.

Dari dalam kabin, terdengar suara mirip mobil sport, yang sedikit banyak bisa memacu adrenalin. Ternyata suara ‘mengaum’ ini tidak terdengar dari luar karena bukan berasal dari knalpot, melainkan hanya dari suara sound, kata pendamping kami.

Di Negeri asalnya, Peugeot menyediakan pilihan mesin diesel dan bensin. Tapi untuk pasar Indonesia, dapur pacu Peugeot 5008 mengusung mesin bensin 4 silinder EP6FDTM Turbo. Mesin berkapasitas 1.600 cc ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 165 hp di 6.000 rpm, dengan torsi maksimum 240 Nm di 1.400 rpm.

Baca juga:  Suguhan Menarik Astra Peugeot di MTF Autofiesta Bandung

Mesin modern ini didukung sistem transmisi pintar, yakni Efficient Automatic Transmission (EAT) 6-speed. Transmisinya EAT6 ini sangat inovatif, tapi sekaligus efisien dalam konsumsi bahan bakar. Plus tersedia mode Sport yang menjadikan mobil ini lebih galak.

Pihak Astra Peugeot hanya mendatangkan versi mesin bensin saja. Kedepannya, konsumen diprediksi juga dapat memilih pilihan mesin Diesel.

Tiba di dealer Astra Peugeot BSD, kami masih mendapat kesempatan untuk mencoba beberapa fitur lain, diantaranya park assist. Fitur ini sangat membantu pengemudi, terutama perempuan ketika akan memarkir kendaraan. Pengemudi hanya mengendalikan rem dan persneling serta dipandu melalui guideline dari tampilan kamera pada layar sentuh.  Setir akan bergerak otomatis dan menyesuaikan kondisi lokasi parkir baik secara paralel maupun mundur. Begitu juga saat akan  keluar dari area parkir, gunkan fitur yang sama.

Kami juga mencoba fitur Hill Assist Descent Control (HADC). Mobil kemudian diarahkan ke basement melalui turunan yang cukup curam. Ketika fitur tersebut diaktifkan, mobil akan turun perlahan dengan kecepatan sekitar lima km per jam tanpa harus bersusah-susah menginjak pedal rem.

Interior i-cockpit

Masuk ke dalam kabin mobil Peugeot terbaru ini tak perlu repot, cukup kantongi saja kuncinya lalu tarik handle pintu yang sudah mendeteksi sensor telapak tangan. New Peugeot 5008 sudah dilengkapi dengan sistem keyless with engine start stop button and hands free access.

Keindahan interior yang berpadu dengan teknologi Peugeot i-Cockpit yang pintar membuat Anda akan terasa begitu nyaman. Pemilik mobil akan langsung berhadapan dengan panel instrumen seluas 12,3 inci dengan tampilan yang bisa disesuaikan dengan pilihan Personal, Minimum, dan Dials.

Di sebelah kirinya, terpampang layar sentuh delapan inci yang terletak di tengah dashboard. Untuk pengaturan AC, audio, parameter kendaraan, telepon, dan aplikasi mobil.

Layar ini juga dapat digunakan untuk mengatur ambience sesuai kebutuhan pengemudi. Secara deafult ada dua ambience yakni Relax dan Boost. Jika mengaktifkan ambience Boost secara otomatis layar ini dan panel instrumen akan berganti warna jadi merah. Mode Sport pun akan otomatis hidup sehingga membuat sensasi mengemudi terasa lebih menantang.

Baca juga:  Suguhan Menarik Astra Peugeot di MTF Autofiesta Bandung

 

Di bawahnya terdapat tujuh buah piano key toggle switch yang bentuknya mirip kokpit pesawat terbang. Fitur ini memberikan rasa berkendara yang lebih intuitif dan intens.

i-Cockpit pada New Peugeot 5008 sudah mendukung koneksi antar smartphone dengan Apple CarPlay atau androidauto, USB, hingga Bluetooth. Saat dihubungkan maka untuk navigasi akan masuk ke Google Maps atau Waze.

Setirnya sangat sporty  dengan lapisan kulit berkualitas premium,  sangat nyaman digenggam dengan steering switch serta pengaturan tilt dan teleskopik, sehingga menambah kepercayaan diri saat berkendara. Ditambah dengan desain jok bagian depan untuk pengemudi dan penumpang sudah semi bucket cukup empuk memberikan rasa nyaman saat diduduki.

Ada satu fitur unik yang jarang ditemukan di mobil yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah parfume built in car. Parfume ini merupakan pewangi yang terdapat pada mobil, dan pengemudi dapat mengatur tingkat kewangian dari parfum ini. Parfum ini dapat diganti dengan cara membeli genuine part di diler Peugeot terdekat.

New Peugeot 5008 GT Line ini juga dilengkapi Handsfree rear tailgate untuk membuka pintu bagasi belakang dari luar secara otomatis. Caranya mudah, cukup mengayunkan kaki di bawah bemper belakang. Serta dilengkapi fungsi autolock untuk memastikan bahwa tailgate terkunci setelah pintu bagasi tertutup.

Pemilik mobil ini juga tak perlu khawatir jika suatu saat membawa banyak barang bawaan, bagasinya cukup luas, Kalau masih terasa kurang, Anda bisa melipat dua kursi tambahan di baris ketiga bahkan bisa dilepas dengan sangat mudah, sehingga volume bagasi mencapai 952 liter.

Nah! Kalau Anda tertarik tunggu apalagi. Astra Peugeot menawarkan Singa Perancis ini seharga Rp820 juta OTR Jakarta. [Dp/GTM]