Siapkan Mobilitas Pintar, Renault-Nissan-Mitsubishi Investasi di Mobility House


LOS ANGELES (DP) – Mobilitas manusia di masa depan tak hanya mengandalkan moda transportasi, tapi juga infrastruktur pendukungnya. Terlebih dengan semakin pintarnya teknologi otomotif ke depan, sejumlah pabrikan otomotif dunia seakan berlomba untuk menanamkan modal di perusahaan teknologi.

Kabar terbaru, aliansi otomotif Renault-Nissan-Mitsubishi melalui sayap modal venturanya, Alliance Ventures, mengumumkan investasinya di Mobility House, sebuah perusahaan teknologi yang menyediakan platform untuk mengintegrasikan baterai kendaraan dengan jaringan listrik pintar.

Investasi baru Alliance Ventures ini merupakan tahap awal dalam upayanya menjadi ujung tombak pengembangan teknologi generasi lanjut untuk industri otomotif, khususnya untuk aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. Adapun Mobility House adalah perusahaan yang berbasis di Jerman, Swiss, dan Silicon Valley, California, Amerika Serikat.

“Alliance Ventures bertujuan untuk menyediakan ekosistem yang tepat dari inovasi terbuka untuk memastikan perusahaan anggota aliansi menyajikan mobilitas untuk masa depan,” kata François Dossa, Wakil Presiden Global Alliance Renault-Nissan-Mitsubishi, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/7).

Baca juga:  Mitsubishi Siap Permak Mirage Berwajah Xpander

Transisi mobilitas dan energi akan berkontribusi pada komitmen Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi terhadap kendaraan tanpa emisi dan pencapaian visi membentuk masa depan mobilitas, kata Dossa.

Sebelumnya, anggota aliansi dan Mobility House telah memulai beberapa proyek bersama, di antaranya melalui proyek Vehicle-to-Grid (V2G) di Jerman yang menggunakan Nissan LEAF.

Bekerja sama dengan Renault, Mobility House akan memasarkan sistem penyimpanan energi stasioner terbesar yang dibuat dengan baterai kendaraan listrik di Eropa dan berkontribusi melalui platform energi pintar untuk menyulap Porto Santo di Portugal, sebagai pulau pintar pertama di dunia.

“Alliance Ventures adalah investor yang sempurna untuk Mobility House,” kata Thomas Raffeiner, pendiri dan CEO The Mobility House.

“Fakta bahwa visi dan keahlian perusahaan kami cocok dan telah terbukti berkali-kali di masa lalu. Kami senang bahwa kami dapat memulai lebih banyak proyek dan membuat visi bersama kami tentang energi berkelanjutan lebih cepat terwujud.”

Baca juga:  Mitsubishi Fuso Luncurkan HDT Teknologi Pendukung Kemudi Otomatis Level 2

Investasi di Mobility House oleh Alliance Ventures ini merupakan yang terbaru setelah sebelumnya ditanamkan di 11 perusahaan rintisan lainnya, termasuk perusahaan baru yang berbasis di Amerika Utara, Eropa, dan China.

Sejauh ini, Alliance Ventures belum mengungkap nilai investasi di Mobility House. [dp/TGH]