MBtech Online Kontes Lahirkan Millenial Berkreatif


DAPURPACU – Produsen kulit sintetis, MBtech cukup jitu membaca arah pemikiran ide kreatif para millennial Tanah Air dalam hal mendesain. Dikemas dalam ajang MBtech Online Design Contest Riding With Style Awards (MODC-RWSA), berhasil menjaring karya-karya anak bangsa dalam merancang jok motor seapik mungkin.

Uniknya lagi, kontes ini diadakan secara online hingga menampung 83 hasil karya peserta dari seluruh Indonesia pada tahun ini. Selama periode Februari – Agustus 2019, MBtech cukup takjub melihat hasil desain yang dituangkan.

Setiyanto, Direktur PT Polystar Indonesia, pemegang merek MBtech, mengatakan bahwa tujuan utama digelarnya kontes ini adalah untuk memacu atau meningkatkan kreativitas para pembuat jok custom (seat maker) yang ada di Indonesia.

Dari empat tahun penyelenggaraan selama ini, lanjut Setiyanto, banyak bermunculan tren-tren dan inspirasi baru di dunia custom jok motor di Tanah Air.

Dia pun berkisah bahwa pada awal kontes ini dihelat banyak didominasi para seat maker di Ibu kota. Namun belakangan, khususnya di tahun ini, peserta yang berpartisipasi muncul dari berbagai daerah di luar Jakarta.

“Ini artinya sudah menyebar dan tak hanya di Jakarta tapi juga di daerah-daerah. Bisa dilihat dari 10 finalis terpilih, enam diantaranya berasal dari daerah dan bukan hanya dari Jakarta saja,” tambahnya disela penyerahan penghargaan pemenang MODC-RWSA 2019 di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dalam proses pemilihannya, tim juri yang merupakan internal dari MBtech cukup sulit menentukan siapa yang berhak maju ke babak berikutnya, disebabkan hasil karya mereka yang terbilang out of the box!

Dari 83 peserta, proses seleksi yang didasari penilaian poin tertinggi diberikan oleh juri dilakukan melalui tiga tahap, sebagai bagian membidik tiga desain terbaik.

Ketiga tahap itu yakni mengirim karya desain ke fanpage MBtech Riders, dan pada tahap pertama tim juri akan memilih 15 karya desain jok terbaik. Karya yang terpilih diharuskan mengirim bentuk fisik asli karya desain jok terpilih ke panitia MODC-RWSA.

Selanjutnya di tahap kedua, ke 15 karya pilihan tersebut akan dikerucutkan lagi menjadi 10 besar. Dan di tahap terakhir akan ditentukan siapa yang menyandang predikat tiga besar sebagai juaranya.

Untuk menentukan tiga besar, tim MBtech benar-benar melakukan serangkaian penilaian yang ketat dengan mengutamakan fungsi dan kenyamanan, kelayakan, kreativitas desain, kualitas pengerjaan serta lain sebagainya.

Akhirnya, Derrya Khansa asal Cibinong, Bogor, keluar sebagai pemenang pertama MODC-RWSA 2019 dan berhak memboyong piagam penghargaan beserta uang tunai senilai Rp25 juta. Derry cukup mahir memainkan desain pada jok Yamaha Nmax yang mengusung tema Generation Bionic.

Sementara juara 2 direbut oleh A. Faisal Saputra dari Bekasi, Jawa Barat, dengan tema Megatron pada jok Honda New PCX. Faisal membawa pulang hadiah Rp5 juta.

Untuk juara ketiga diraih oleh Ahmad Syarifuddin dari Purbalingga, Jawa Tengah, dengan tema modifikasi Aerox Robo Racing pada jok Yamaha Aerox 155. Sementara untuk finalis lainnya masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp1 juta.

“Diharapkan penyelenggaraan kontes desain online MODC-RWSA 2019 ini dapat memberikan inspirasi tren terkini pelapisan jok motor kepada para pecinta dan juga pengguna roda dua,” pungkas Setiyanto. [dp/MTH]