Jangan Sepelekan Buku Manual Kendaraan Anda

DAPURPACU – Peranti yang satu ini kadang terlalu disepelekan oleh para pemilik kendaraan, baik itu mobil maupun sepeda motor. Tebal dan kadang ‘njlimet’, kerap membuat pemilik enggan untuk membacanya.

Padahal, di dalam buku panduan (manual book) ini berisi pedoman dasar pada sebuah kendaraan, dan memiliki peran penting bagi si pemilik dalam melakukan perawatan kendaraan.

Banyak terdapat informasi mulai dari perawatan, garansi, hingga tata cara penggunaan fitur-fitur di dalam mobil tertulis begitu jelas. Sehingga pemilik atau pengemudi mobil tidak akan bingung ketika menemui kendala di jalan.

“Tak bisa dipungkiri sebagian besar pemilik kendaraan suka mengabaikan buku itu. Maka tidak jarang jika ketidaktahuan itu berujung pada kasus garansi yang ditolak akibat salah penggunaan,” kata Samsudin, Aftersales Support Astra Peugeot.

Mengabaikan buku manual kerap mendatangkan masalah ketika terjadi kendala. Sebab, pemilik atau pengemudi kadang tidak mendapatkan solusi terbaik untuk memperbaiki kendaraannya.

Baca juga:  Tips Jaga Kondisi Mobil Pasca Mudik Ala Astra Peugeot

Meskipun hal tersebut dapat diatasi jika dimulai dari membaca buku manual. Apa saja kah yang ada di dalam buku manual tersebut?

1. Bagian Panel Instrumen Penting
Mengetahui cara mengoperasikan instrumen dan alat pada setiap bagian mobil. Bagian ini sebaiknya menjadi kewajiban untuk dibaca karena berkaitan dengan fitur, lampu, instrumen panel, transmisi hingga aksesoris.

Misal saat ingin isi bensin atau membuka kap mesin. Karena tidak baca buku manual akhirnya pengemudi bingung dan sangat merepotkan. Seperti Peugeot 3008 & 5008 Alure Plus, tutup tangkinya tinggal ditekan untuk membukanya.

Begitupun dengan saat pengoperasian tuas pembuka kap mesin. Letak dari tuas itu tetap berada di sebelah kiri. Tepatnya di bagian depan rumah pintu depan sebelah kiri.

Kemudian sinyal lampu indikator menyala pada instrumen panel. Pengemudi tidak akan panik jika tahu apa permasalahannya. Sebab di buku manual berisi tata cara yang harus dilakukan sebelum menjalankan mobil.

Baca juga:  Tips Jaga Kondisi Mobil Pasca Mudik Ala Astra Peugeot

Jika tidak terlalu parah khususnya di mobil Peugeot, biasanya masih bisa digunakan sampai lokasi bengkel resmi terdekat. Tentu dengan kecepatan yang dibatasi oleh progam pada ECU.

2. Indeks atau Daftar Isi
Indeks atau daftar isi menjadi panduan awal bagi pemilik kendaraan. Karena di situ terdapat beberapa informasi penting seputar pengenalan kendaraan, pengoperasian dan pengendaraan, trouble shooting juga perawatannya. Di sini, konsumen bisa pilih mana info yang mau dipelajari terlebih dahulu.

3. Mengetahui Nomor Rangka
Mengetahui bagian umum berisi informasi singkat tentang kendaraan, seperti letak nomor identitas mobil, baik nomor rangka atau sasis serta nomor mesin.

Selain posisi juga tertera informasi seputar arti dari kode nomor tersebut. Dan biasanya info ini dipakai saat kendaraan akan perpanjangan surat kendaraan 5 tahunan.

4. Instruksi Saat Ban Bocor
Dalam kondisi darurat seperti ban bocor, tak perlu panik. Pembahasan mengenai langkah-langkah dalam keadaan darurat juga tercantum dalam buku manual, seperti titik atau bagian mana tempat untuk menaruh dongkrak, serta cara mengganti ban utama dengan ban cadangan.

Baca juga:  Tips Jaga Kondisi Mobil Pasca Mudik Ala Astra Peugeot

5. Perawatan Ringan
Perawatan ringan juga dipaparkan dalam buku manual. Dengan begitu Anda tak perlu ragu lagi untuk menambah oli, cairan pendingin di radiator, atau air wiper.

Pun ketika ada lampu mobil yang mati, bisa diganti sendiri tanpa harus ke bengkel resmi karena dijelaskan cara mengganti lampu yang benar. [dp/MTH]

Previous articleLoyalis Honda CR-V Gen-3 di Jakarta ini Deklarasikan Diri
Next articleJalan Tol Serpong-Cinere Ditargetkan Selesai Oktober 2020