National Contest 2022, Upaya Mitsubishi Tingkatkan Layanan di Diler

DAPURPACU – Kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam memberikan layanan purna jual terbaik, menjadi faktor utama makin diminatinya sebuah merek. Tak terkecuali bagi Mitsubishi Motors.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sangat mengutamakan performa SDM-nya di keseluruhan proses bisnis, terutama SDM yang berhubungan langsung dengan para konsumen.

Untuk meningkatkan kualitasnya, MMKSI rutin menggelar kontes keahlian para garda terdepan tersebut, salah satunya melalui National Contest 2022 yang puncaknya digelar pada 24-25 Januari lalu.

Berlangsung di Jakarta, agenda ini menjadi salah satu bentuk apresiasi bagi SDM diler yang selalu menjaga dan meningkatkan kualitas layanannya kepada para konsumen.

Kompetisi fokus pengujian kemampuan SDM dealer pada layanan penjualan (sales) dan purna jual (after sales), dengan tiga kategori utama yang dilombakan bagi peserta.

Presiden Direktur MMKSI, Naoya Nakamura mengakui, kebutuhan konsumen akan produk maupun layanan terus berkembang. Karena itu, lanjut dia, MMKSI harus menyesuaikan diri dengan kebutuhan mereka.

Baca juga:  Astra UD Trucks Bidik Pengemudi Terbaik Lewat Dua Kontes ini

“Dari sisi layanan, National Contest ini menjadi upaya kami untuk memastikan diler beserta SDM-nya memaksimalkan layanan yang ada dan mengimplementasikan standar terbaik yang telah ditetapkan oleh kami,” tambahnya.

Adapun ketiga kategori yang dilombakan yakni Sales Appraisal Program, untuk tenaga penjual dengan 4 kategori berbeda (Sales Force, Sales Supervisor, Sales Manager dan Mitsubishi Dealer Trainer/MDT).

Lalu Dealer Operation Kaizen Contest, ditujukan bagi Customer Satisfaction Officer dan After Sales Contest, untuk 4 level berbeda (Service Manager, Spare Part Manager, Technician, dan Service Advisor).

Dalam menentukan pemenangnya, MMKSI telah melakukan penilaian sejak April 2022 serta melakukan beberapa tahapan seleksi yang diselenggarakan secara tatap muka.

A. Sales Appraisal Program
Kategori ini merupakan program kompetisi dan apresiasi tahunan dari MMKSI, yang mendorong diler untuk terus melakukan improvement dari aspek Human Ware dalam meningkatkan pelayanan dan penjualan Mitsubishi di Indonesia.

Baca juga:  Bikin 'Ganteng' Mobil Mitsubishi Anda, Sambangi Diler Resmi Bodi & Cat

Tahun ini, MMKSI menggelar beberapa kategori yaitu Sales Force, SPV dan Sales Manager, serta kategori baru yaitu Mitsubishi Dealer Trainer atau MDT.

Selain itu, MMKSI juga memberikan apresiasi kepada tenaga penjual LCV (Light Commercial Vehicle/Kendaraan Niaga Ringan) yang memberikan kontribusi terbesar pada regionalnya masing-masing.

B. Dealer Operation Kaiezen Contest
Pada kategori Customer Satisfaction Officer ini dilaksanakan tiap tahunnya dengan tujuan meningkatkan kualitas layanan diler melalui CSO sebagai agen yang membawa perubahan.

Kontes ini mengusung konsep kaizen/PDCA (Plan-Do-Check-Action), yaitu perbaikan terus-menerus di area yang bersentuhan dengan kepuasan konsumen.

Hal ini berdasarkan situasi aktual yang ada di diler, mencakup nilai perbaikan berkesinambungan dan melibatkan elemen SDM lainnya, mulai dari level operasional hingga manajemen.

Dalam kontes ini, CSO harus mampu menganalisa celah yang dapat diperbaiki berdasarkan observasi kondisi di dealer dengan data-data yang tersedia (termasuk suara konsumen), membuat & menjalankan rencana perbaikan di dealer, lalu mengevaluasi hasil perbaikan yang sudah dijalankan.

Baca juga:  Astra UD Trucks Bidik Pengemudi Terbaik Lewat Dua Kontes ini

C. Ater Sales Contest
Kontes ini merupakan program yang dihadirkan sebagai bentuk apresiasi kepada tenaga kerja purna jual, dalam menjaga kualitas layanan di diler Mitsubishi.

Sekaligus memahami nilai emosional dan kebutuhan konsumen, dengan tujuan untuk membangun ikatan yang kuat antara konsumen dengan brand Mitsubishi Motors.

Pada kontes tersebut MMKSI menilai beberapa fungsi pada diler yang terdiri dari Service Manager, Spare Part Manager, Technician, serta Service Advisor.

Selain menilai dan mengevaluasi setiap fungsi, MMKSI juga mengukur kemampuan SDM diler dalam menjalankan tugas utamanya, yaitu proses quality improvement secara terus-menerus.

Peningkatan kualitas ini dari sisi pelayanan mulai dari proses penerimaan, perawatan berkala dan penanganan permasalahan kendaraan, hingga proses penyerahan unit kepada konsumen. [dp/TH]

Previous articleLayanan dan Produk Unggulan, Bikin Pelaku Bisnis Makin ‘Kepincut’ Mitsubishi Fuso
Next articleToyota Avanza Masih Terkuat di 2022, Segini Jualannya