Toyota Bukukan Total 5.796 SPK di GIIAS 2023, Avanza-Veloz Kontributor Terbesar

DAPURPACU – Toyota berhasil mendulang angka pemesanan kendaraan (SPK) ribuan unit sepanjang pameran GIIAS tahun ini. Duo low MPV, Avanza dan Veloz berhasil meraih SPK tertinggi.

Total SPK yang dikumpulkan booth Toyota selama 11 hari pameran (10-20 Agustus 2023) sebanyak 5.796 unit, dimana Avanza dan Veloz mengumpulkan 1.213 unit SPK (20,9%).

Disusul Innnova Zenix 823 unit (14,2%) dengan komposisi varian Hybrid diatas 80%. Lalu Calya 816 unit (14,1%) dan All New Agya 648 unit (11,2%), serta All New Alphard 382 unit (6,6%).

Tak hanya model-model di atas, Toyota juga menghadirkan rangkaian produk elektrifikasi dan berhasil meraih antusiasme tinggi dari pengunjung. Promo menarik menjadi daya pemikatnya.

Total SPK model Electrified Vehicle (xEV) Toyota sebanyak 1.255 unit atau 22% dari seluruh penjualan, dimana jumlah ini naik lebih dari 10 kali lipat dibanding GIIAS tahun lalu di angka 114 unit.

Baca juga:  Ryan Nirwan dan Adi Indiarto Raih Podium Kejurnas Sprint Rally 2024 Seri ke-3

Jumlah ini dihasilkan dari Kijang Innova Zenix Hybrid sebanyak 658 unit, All New Alphard Hybrid 305 unit dengan komposisi 80%, All New Yaris Cross Hybrid 222 unit dengan komposisi 80%, Toyota BZ4X 5 unit dan RAV4 PHEV GR Sport 3 unit.

Bahkan komposisi pencapaian SPK dari Kijang Innova Zenix Hybrid, All New Alphard Hybrid, serta All New Yaris Cross Hybrid mencapai 80 persen dari total penjualan model tersebut.

“Terima kasih atas kepercayaan pengunjung GIIAS 2023 yang telah menjadikan Toyota sebagai kendaraan pilihannya,” kata Henry Tanoto, Vice President Toyota-Astra Motor.

Henry mengakui, hadirnya beragam carbon neutral mobility solution dengan membawa formasi lengkap Electrified Vehicle (xEV) di GIIAS 2023, ternyata hasilnya melampaui ekspektasi perusahaan.

“Bahkan jumlahnya berkontribusi besar pada penjualan yang membuktikan bahwa kendaraan ini semakin dikenal dan diminati masyarakat,” ujarny dalam siaran resmi, Selasa (22/8).

Baca juga:  Tim TGRI Punya Peluang Besar Juarai Ajang Japan Cup 2024

Berlanjut ke booth Toyota Commercial di Hall 3E ICE BSD City, Rangga Concept menjadi primadona pengunjung bermodalkan fleksibilitas untuk dikonversi sesuai kebutuhan pelaku usaha.

Commercial Concept Car berbasiskan Kijang Pick Up ini, mampu diubah sesuai aktivitas bisnis mulai dari UMKM, corporate hingga public services, menggunakan basis ladder frame IMV seperti pada Hilux dan Fortuner.

Meski belum ada versi produksi masal, tak kurang dari 200 pelanggan dari berbagai sektor bisnis berminat untuk meminang Rangga Concept.

Di sisi lain, booth dan produk-produk Toyota memperoleh berbagai apresiasi dari penyelengara dan pengunjung, diantaranya penghargaan booth terbaik (luas area lebih dari 2.000 m2).

Tak hanya itu, Rangga Concept juga dinobatkan sebagai Special Exhibit Commercial Vehicle yang mampu bersaing dengan mobil-mobil komersial lainnya.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing TAM menyebutkan, partisipasi Toyota di even GIIAS 2023 lebih dari sekadar memasarkan berbagai jenis kendaraan kepada pengunjung.

Baca juga:  Toyota Perluas Outlet Charging Spot di Pusat Perbelanjaan ini

“Tak hanya kendaraan yang aman dan nyaman, juga ramah lingkungan sesuai visi masa depan berkelanjutan serta menyediakan layanan dan infrastruktur pendukung yang lengkap,” tambahnya.

“Seperti fasilitas charging baterai BEV dan PHEV secara gratis yang telah tersedia di 30 outlet Toyota dan akan terus bertambah,” tutup Anton. [dp/TH]

Previous articleMental Tanpa Skill Jadi Fatal Saat Berkendara Motor
Next articleKompetisi Basket Honda DBL Jangkau Wilayah East Region