Pingin Seru-Seruan? Coba Suzuki Jimny Survive dan Sierra


TOKYO (DP) – Siapa yang tidak kenal dengan kepiawaian Suzuki Jimny dalam menerabas medan berat? Bagi penggila aktivitas off-road, SUV mungil berpenggerak empat roda ini menjadi semacam jaminan mutu untuk mengarungi medan ekstrem.

Menjelang perhelatan Tokyo Auto Salon pada pekan kedua Januari 2019, Suzuki sudah menyiapkan sesuatu yang akan membuat pengunjung pameran terpesona. Apakah itu?

Yah, rencananya Suzuki akan memajang dua model Jimny edisi khusus, yang diberi nama Jimny Survive dan Jimny Sierra. Apa yang menarik dari kedua model Jimny ini? Suzuki mengklaim kedua model Jimny edisi khusus itu menyimpan banyak keasyikan untuk dikendarai, terutama bagi mereka yang suka berpetualang.

Untuk model Survive, bentuknya seperti Jimny versi produksi kebanyakan, meski memiliki tampilan lebih gagah dan kekar berkat penambahan berbagai macam aksesoris. Survive dilengkapi underbody skid plates dan juga external cage/roof rack, sehingga sekilas Jimny seperti mengenakan helm. Aura off road sangat kental, yang terlihat dari lampu utama yang dilindungi jaring-jaring baja.

Baca juga:  Ini Suzuki Jimny Apa Mercedes G-Class?

Lebih asyik lagi, semua aksesoris itu merupakan produk aftermarket, sehingga sangat memungkinkan bagi mereka yang ingin meniru tampilan Survive bisa menncontek untuk dibuatkan oleh rumah modifikasi langganan mereka.

Nah, yang menarik perhatian adalah tampilan Jimny Sierra, karena bagian belakangnya tidak memiliki kabin. Sebagai gantinya adalah bak terbuka. Memang benar, Jimny Sierra telah mengalami modifikasi besar sehingga berubah menjadi pickup mungil. Bagian depan Sierra mengalami ubahan besar, yaitu bentuk gril tak lagi vertikal, melainkan horizontal tanpa palang lagi. Sekilas lebih mirip gril Toyota Land Cruiser lawas.

Untuk sisi samping dilengkapi panel kayu (atau mungkin panel kayu palsu), sehingga lebih mengesankan desain retro klasik. Secara tampilan, Sierra cukup menarik, meski bak belakangnya terlihat sangat pendek bila dibandingkan dengan Jeep Wrangler atau Toyota Land Cruiser.

Dengan tampilan seperti itu, kedua Jimny ini kecil kemungkinannya masuk ke pasar Amerika atau China yang lebih menyukai mobil berbadan bongsor dan lega. Di Jepang sendiri, Jimny masuk kategori Kei car, dengan berbekal mesin 660cc bertenaga 64 horsepower.

Baca juga:  Cara HOG Anak Elang Jakarta Maknai Halal Bihalal

Untuk melihat dari dekat Jimny Survive dan Sierra, ada baiknya Anda berkunjung ke Jepang untuk menyaksikan Tokyo Auto Salon yang akan dibuka pada 11 Januari mendatang. [DP/TGH]