All New Toyota Corolla Altis Hybrid Meluncur 12/9, Anda Mau Beli?


DAPURPACU – Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, mobil bermesin hybrid layaknya sepeda motor matik pada awal kehadirannya. Tak banyak yang mau meliriknya karena takut gampang rusak atau susah perawatannya.

Padahal jika Anda paham, mobil hybrid tak jauh beda dengan mobil bermesin konvensional, yakni tinggal servis rutin dan diisi bahan bakar serta oli. Setelah itu Anda tinggal mengoperasikannya seperti mobil biasa.

Bedanya hanya pada penambahan motor listrik untuk menunjang kinerja mesin konvensional untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Di Tanah Air, ada beberapa model Toyota yang sudah dibekali teknologi hybrid, seperti Camry dan Alphard. Sementara di Filipina, Toyota segera merilis Corolla anyar bermesin hybrid. Model ini, juga akan hadir di Indonesia. PT Toyota Astra Motor (TAM) bahkan sudah menyebar undangannya ke berbagai media, termasuk dapurpacu.id untuk menghadiri peluncuran All New Toyota Corolla Altis pada Kamis, 12 September (lusa) nanti.

Baca juga:  Toyota-BYD Makin Akrab Bikin Mobil Listrik

Selain bermesin konvensional, TAM juga akan menghadirkan All New Toyota Corolla Altis bermesin hybrid. Toyota sepertinya ingin mengambil peluang menyusul terbitnya Perpres tentang mobil listrik yang ditandatangani Presiden Jokowi belum lama ini. Apakah Anda tertarik dengan All New Toyota Corolla Altis bermesin hybrid?

Tapi sebelum pertanyaan itu terjawab, ada baiknya Anda mengetahui sedikit tentang mobil hybrid, khususnya Corolla seperti yang dipasarkan di negara tetangga.

Untuk mengiming-imingi konsumen, Toyota Filipina menawarkan Corolla Altis Hybrid dengan garansi 200.000 kilometer (atau 5 tahun, mana yang tercapai lebih dahulu) untuk komponen baterai.

Bahkan Jeff Matsuo, Vice President of Technical, Toyota Motor Philippines, menyebutkan bahwa masa pakai baterai akan selaras dengan usia kendaraan, tergantung pada bagaimana merawatnya.

Lantas, bagaimana merawatnya? Sebenarnya cara perawatan dan pengoperasian Corolla Altis Hybrid tak berbeda dengan versi bermesin konvensional. Artinya, Anda hanya perlu mengikuti prosedur servis yang diberikan pabrikan, sehingga tak butuh perawatan tambahan.

Baca juga:  Toyota 5 Continents Drive Singgah di Indonesia, Tes Jalur Jakarta Hingga Jawa timur

Namun, ada satu yang berbeda untuk melakukan servis Corolla Altis 1.6 G standar dengan Altis versi 1.8 HEV, yaitu pada filter udara untuk baterai. Filter ini harus diganti pada setiap servis rutin, sehingga menjaga suhu baterai tetap dingin untuk mempertahankan performa baterai terus prima.

Nah, kalau Anda sudah paham dengan kendaraan hybrid yang ternyata tak susah perawatannya, apakah Anda tak iri dengan konsumen di Filipina yang bakal ditawarkan Corolla Altis Hybrid? Bagaimana TAM? [dp/TGH]