DAPURPACU – Lazada Indonesia mengeklaim mengalami peningkatan penjualan secara signifikan dalam tiga tahun terakhir, melalui platform pada kanal kategori LazOtomotif.
Pencapaian penjualan yang mencapai tiga lipat tersebut menjadi rekor tertinggi yang diraih sejak platform tersebut diperkenalkan kepada pecinta otomotif di Tanah Air.
Peningkatan ini diyakini industrinya sendiri yang makin bertumbuh pasca pandemi, dimana masyarakat makin marak bertransaksi melalui online lewat gawainya.
Hal itu diamini oleh VP Automotive Category Lazada Indonesia, Canggih Satriatama, disela temu para jurnalis di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (21/11).
LazOtomotif diakuinya telah menjadi platform pilihan bagi para seller marketplace dan berbagai brand otomotif ternama dalam berinovasi dan memberikan layanan terbaik bagi konsumen.
“Misi kami yaitu menjadikan LazOtomotif sebagai pendamping andal yang dapat membantu memenuhi kebutuhan produk otomotif, lewat penyediaan berbagai produk otomotif dan kebutuhan perawatan berkala, serta menghadirkan pilihan seller yang dapat memberikan jasa layanan end-to-end.”
Atas dasar inilah yang mendorong Lazada untuk menghadirkan berbagai inovasi layanan yang memberikan pengalaman berbelanja terbaik bagi konsumen.
“Baik yang berbelanja suku cadang (spare parts), produk perawatan kendaraan, modifikasi, hingga berbagai perlengkapan berkendara secara online,” tambah Canggih.
Sebagai informasi, LazOtomotif menyediakan berbagai produk sesuai kebutuhan konsumen dan terbagi dalam 15 kategori, yaitu Eksterior hingga Interior Mobil, Suku Cadang, Motor, Velg, Ban, Aksesoris, serta Oli dan Pelumas Kendaraan.
Tak hanya itu, Canggih juga memaparkan bahwa jumlah penjual (seller) UMKM untuk kategori otomotif pun mengalami pertumbuhan dua kali lipat, selaras dengan meningkatnya pembeli di katergori tersebut.
Salah satunya datang dari Astra Otoparts pun turut mengombinasikan berbagai lokasi outlet dan bengkelnya untuk memberikan layanan bagi yang melakukan pembelian lewat LazOtomotif.
Head of Retail Marketing and Business Development PT Astra Otoparts, Lie Se Chiang menuturkan, pihaknya telah memilih mitra kerja sama dalam pembelian produk otomotif.
“Hal ini kami lakukan untuk memperluas jangkauan konsumen, wilayah maupun segmentasi, sekaligus memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen,” ujarnya di tempat yang sama.
Adapun metode penjualan Astra Otoparts di LazOtomotif mengusung konsep ‘Do It For Me’, yaitu fasilitas langsung pasang tanpa biaya dengan menunjukan bukti pembelian melalui Lazada.
Berlimpah Promo Menarik di Harbolnas 2023
Makin maraknya pembelian produk otomotif secara online diakui oleh Julian Johan sangat menarik untuk ditelusuri. Terlebih offroader ini juga merupakan seorang konten kreator otomotif.
Menurutnya, sisi menarik yang harus dilihat disini yaitu bagaimana para seller yang sebelumnya punya pengalaman berjualan langsung, kini turut menangkap antusiasme konsumen untuk dapat melakukan pembelian online.
“Ini terjadi baik bengkel lokal maupun yang memiliki jaringan. Konsumen di kategori ini sangat mementingkan kredibilitas platform dalam mengkurasi toko resmi yang dapat memberikan kepastian kualitas produk serta layanan andal.”
Sebagai mitra ecommerce resmi Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2023, Lazada melalui kanal LazOtomotif juga telah mempersiapkan berbagai promo menarik.
Pada momen ini, konsumen bisa menikmati berbagai penawaran menarik seperti flash sale sepeda motor, diskon dan promo untuk helm sport, kelengkapan audio mobil hingga aksesoris persiapan musim hujan. [dp/EK]