Final Tes Moto2 Jerez: Dimas Ekky Merangsek Kelima

Steven Odendaal mengisi slot utama pada tes akhir Moto2 di Sirkuit Jerez, Minggu (25/11). Foto: Motorsport

JEREZ (DP) – Steven Odendaal mampu menjadi yang terdepan di sesi terakhir tes Moto2, yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Minggu (25/11). Juara CEV Moto2 2016 dari tim NTS RW Racing GP itu juga memimpin hasil kombinasi hari ketiga dengan catatan waktu 1 menit 46,704 detik.

Disisi lain, Dimas Ekky Pratama yang pada tes hari pertama menempati posisi ke-20, berhasil merangsek ke depan dan masuk lima besar. Pada dua sesi pengujian ditengah kondisi basah dan kemudian mengering mampu Dimas lalui dengan torehan waktu 1 menit 48,003 detik.

Dimas menunjukkan penampilan kuat sepanjang sesi pertama. Tercecer di luar 20 besar, The Red Forehead melesat kencang untuk menduduki tempat kelima. Tak berapa lama ia mampu posisi kedua ketika tersisa waktu 1 jam 54 menit.

Usai diambil alih Lorenzo Baldassarri dan Augusto Fernandez, pebalap Indonesia itu merebut slot puncak. Sempat digusur Sam Lowes, tetapi Dimas mampu meningkatkan catatan waktu untuk kembali menghuni posisi teratas. Bahkan saat memasuki 25 menit terakhir, ia masih kokoh memimpin.

Baca juga:  Seri Pamungkas CEV 2018, Dimas Amankan Posisi ke-5

Akan tetapi, Jake Dixon yang akhirnya keluar sebagai tercepat, sedangkan Dimas menutup sesi pertama pada urutan kelima. Catatan waktu terbaiknya 1 menit 53,325 detik atau lebih lambat 0,550 detik.

Dimas Ekky Pratama, Idemitsu Honda Team Asia. Foto Motorsport

Sesi kedua, kondisi trek masih basah, tetapi mulai mengering. Tidak banyak aksi di lintasan. Bahkan setelah dua jam berjalan, hanya ada lima rider yang mencetak catatan waktu. Barulah menjelang 43 menit tersisa, mulai banyak keluar dari pit, walau jumlahnya terbilang sedikit.

Dimas lagi-lagi tampil apik. Dari posisi kedelapan, ia menembus lima besar. Sempat menghuni tempat ketujuh, namun ia memperbaiki catatan waktu dan kemudian merangsek urutan ketiga. Kendati demikian, status pebalap tercepat dikuasai Odendaal.

Odendaal juga memimpin hasil kombinasi hari ketiga di depan Aegerter, dilanjutkan Cardelus serta Fabio Di Giannantonio. Sedangkan untuk kali kedua, Dimas mengamankan posisi kelima. Catatan waktu terbaiknya 1 menit 48,003 detik.

Baca juga:  Michelin Gandeng 500 Pelajar SMA Edukasi Berkendara Aman

Lukas Tulovic tempat keenam, mengungguli duo rookie Red Bull KTM Tech 3: Marco Bezzecchi-Phillip Oettl. Lalu pada urutan kesembilan diisi Xavi Vierge dan Andrea Locatelli melengkapi 10 besar.

Untuk selanjutnya, tes pramusim resmi Moto2 bakal dihelat kembali di Circuito de Jerez, Spanyol, pada 20-22 Februari 2019. [dp/MTH]