DS-X Concept, Mobil Sport dengan 2 ‘Ruh’ di Dalamnya


PARIS (DP) – Saat ini DS, pabrikan mobil asal Prancis di bawah payung Groupe PSA, sudah memiliki beberapa model kendaraan berdesain menarik, seperti DS 3 Crossback dan DS 7 Crossback. Yang terbaru, DS juga menyimpan konsep menarik yang tak dimiliki para rivalnya. Uniknya, konsep itu memiliki dua ‘ruh’ berbeda di dalam satu mobil.

DS-X Concept namanya. Konsep ini berupaya memvisualisasikan akan seperti apa model tersebut jika kelak diproduksi. Idenya sangat unik dan segar, yakni menggabungkan dua pengalaman berkendara berbeda di dalam satu mobil. Konsep ini sendiri adalah mobil sport dua pintu, tapi dengan dua kabin yang terpisah untuk mengakomodasi pengemudi dan penumpang.

Tak seperti mobil konsep atau mobil versi produksi yang ada sekarang, DS-X Concept tidak memiliki kabin yang normal. Dibilang tak normal, karena penumpang dan pengemudi berada dalam ruang terpisah. Untuk penumpang duduk di dalam bagian kabin yang tertutup, sedangkan pengemudi duduk di kabin dengan atap terbuka layaknya Speedster. Ini yang disebut mobil dengan dua ruh di dalamnya, karena selain memiliki ‘ruh’ sebagai mobil dengan atap tertutup, tapi juga menyediakan kabin terbuka.

Tak hanya kabinnya yang terpisah, bodi DS-X Concept juga seperti dua mobil yang digabung menjadi satu. Lucunya, gabungan itu membuat bodi mobil tak simetris. Untuk bodi mobil yang di sisi pengemudi, bagian moncongnya memiliki gril yang lebarnya sejajar dengan kabin pengemudi. Gril ini menyita separuh dari keseluruhan fascia depan DS-X Concept, sedangkan separuh sisanya tanpa gril, hanya memiliki lubang yang menampakkan sebagian ban depan, atau mirip dengan rumah lampu kabut.

Beralih ke belakang, konsep penggabungan dua bagian mobil menjadi satu kembali diterapkan pada DS-X Concept. Pada kabin sisi pengemudi memiliki ukuran lebih besar dibandingkan sisi penumpang. Bentuk unik ini akan tampak sangat menarik jika dilihat dari atas.

Entah, apakah konsep ini kelak akan masuk lini produksi atau tidak, tapi yang jelas DS-X Concept lain daripada yang lain karena menampilkan layout tempat duduk dan bentuk yang unik untuk sebuah mobil sport. [dp/TGH]