Toyota, Pabrikan Mobil Paling Bernilai di Mata Dunia


LONDON (DP) – Toyota kembali meraih titel sebagai merek paling bernilai dari 100 brand ternama teratas di dunia dalam BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands 2019. Pencapaian posisi nomor satu ini menjadi yang ke-12 dari 14 tahun penelitian yang dilakukan Kantar Millward Brown.

Lembaga survei yang bermarkas di London, Inggris, ini menilai bahwa keberhasilan Toyota sebagai merek mobil paling berharga tersebut karena luasnya jaringan hingga ke seluruh dunia.

Selain itu, menurut Graham Staplehurst, Global BrandZ Strategy Director, Toyota juga dipandang sebagai pelopor dari kendaraan-kendaraan dengan energi alternatif.

“Jangkauan yang luas di seluruh dunia menjadi bagian penting posisi Toyota. Terkait energi alternatif, masyarakat tahu betul tentang Prius,” ujar Staplehurst seperti dilansir Automotive News Europe, Selasa (11/6) lalu.

“Kami telah melakukan beberapa survei pada pabrikan mobil listrik, meski Tesla tergusur dari peringkat atas, setidaknya Toyota akan berada di urutan kedua dan disusul oleh Volkswagen,” tambahnya.

Baca juga:  Toyota Siap Lahirkan All-New Yaris dan Vios

Setelah Toyota, posisi kedua dan ketiga diisi Mercedes-Benz-BMW, lalu Honda di urutan ke 4 serta Honda yang menuntaskan lima besar. Sebagai informasi, Toyota sempat menempati posisi kedua untuk prestasi ini yakni pada 2010 dan 2012.

Lima merek mobil yang masuk 10 besar yaitu Nissan, Tesla, Audi, VW serta Porsche. Berdasarkan survei, hanya VW yang mengalami peningkatan presentasi dibandingkan tahun lalu yakni naik 12 persen.

Pabrikan mobil asal Jerman ini cukup beruntung usai kebangkitannya dari skandal diesel, dan “mereka lebih siap untuk mengambil keuntungan dari perpindahan ke energi alternatif,” kata Staplehurst.

Porsche menjadi satu-satunya pendatang baru pada 10 besar, setelah mampu mengusir Maruti-Suzuki dari posisinya di tahun lalu. Staplehurst memuji strategi jitu yang diterapkan Porsche, khususnya seputar elektrifikasi.

“Merek ini jadi pendatang baru yang menarik, dan Porsche telah melakukan banyak hal dengan benar,” lanjutnya. Sebagai gambarannya, Porsche segera merilis mobil listrik pertamanya yaitu Taycan.

Baca juga:  All New Toyota Corolla Altis Hybrid Meluncur 12/9, Anda Mau Beli?

Brandz melakukan berbagai faktor penilaian, mulai dari kapitalisasi merek di pasar hingga survei kepada masyarakat tentang sikap konsumen terhadap bisnis sebuah pabrikan mobil.

Salah satu aspek dari survei ini adalah seberapa besar konsumen ‘mencintai’ merek tersebut, sebuah area di mana pabrikan mobil memiliki kinerja yang sangat buruk. “Saya pikir ada elemen orang yang tidak terlalu mencintai mobil,” kata Staplehurst.

Tingkat kecintaan seseorang pada suatu merek mobil berbeda dari satu daerah ke daerah lainnya. “Orang Amerika Selatan tampaknya sangat mencintai merek mobil mereka, terutama Toyota dan Chevrolet,” tandasnya.

Merek mobil yang paling dicintai adalah Maruti-Suzuki di India, dengan indeks 124, di mana indeks 100 adalah rata-rata semua merek yang diukur di India.

Adapun Toyota mendapat skor tertinggi pada indeks ‘cinta’ di tujuh negara, termasuk AS, diikuti oleh Audi di enam negara, yang seluruh di kawasan Benua Eropa. [dp/MTH]