Senyum Toyota Masih Ada Berkat Avanza | dapurpacu.id

Senyum Toyota Masih Ada Berkat Avanza


DAPURPACU – PT Toyota Astra Motor (TAM) mencatatkan angka penjualan kurang memuaskan sepanjang 2019. Bahkan dibandingkan tahun sebelumnya terjadi penurunan hingga 5,7%, yakni dari 352.100 unit menjadi 331.797 unit di 2019 (wholesales).

Meski begitu, penurunan ini dikatakan tidak seberuntung penjualan secara nasional yang mencapai 10,5%, dari 1.151.413 unit pada 2018 menjadi 1.030.126 unit di 2019.

Dengan jumlah tersebut pangsa pasar Toyota justru naik menjadi 32,2% dibandingkan pada 2018 sebesar 30,6%.

“Kami bersyukur raihan penjualan 2019 mencerminkan loyalitas konsumen terhadap produk Toyota yang terpelihara seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujar Vice President Director TAM Henry Tanoto.

Toyota New Camry hadir dengan platform TNGA, yang membuat sosoknya semakin agresif.

Capaian kinerja Toyota sepanjang 2019 didukung peningkatan penjualan Avanza-Veloz di segmen Low MPV, Rush di segmen medium SUV dan Camry di segmen Medium Sedan.

Secara keseluruhan, penjualan Toyota ditopang oleh segmen MPV dengan total penjualan 203.205 unit atau berkontribusi sebesar 61,2%. Avanza dan Veloz menjadi tulang punggung segmen ini.

Baca juga:  Program CSR Toyota Raih Penghargaan di Bidang Lingkungan

Penjualan di segmen low MPV, Avanza-Veloz berhasil mendongkrak angka penjualan dengan peningkatan sebesar 5,1% menjadi 86.374 unit. Sementara market share Avanza-Veloz juga mengalami peningkatan menjadi 34,0%, di mana sebelumnya membukukan 28,7% pangsa pasar di 2018.

Segmen SUV Mendulang Hasil Manis
Sedangkan kontributor penjualan Toyota terbesar kedua sepanjang tahun lalu adalah segmen SUV, dengan penjualan mencapai 78.657 unit atau berkontribusi 23,7% dari total penjualan Toyota.

Toyota Rush keluar sebagai penyumbang terbesar dengan mencatatkan pertumbuhan 15,9% menjadi 61.659 unit. Sementara pangsa pasar Rush menjadi 54,0% dibanding tahun sebelumnya dengan 42,1%.

Selain MPV dan SUV, penjualan Toyota pada 2019 juga ditopang oleh penjualan segmen sedan yang mencapai 2.853 unit, atau meningkat 36,6% dibanding 2018.

Kontributor penjualan di segmen ini disumbangkan oleh model Camry yang diluncurkan awal tahun lalu dengan penjualan 1.722 unit atau naik 136,9% dibandingkan penjualan 2018.

Baca juga:  Program CSR Toyota Raih Penghargaan di Bidang Lingkungan

Di sini Camry mencetak market share 73,4% di pasar medium Sedan, meningkat dibandingkan 2018 dengan market share sebesar 51,9%. [dp/MTH]