CS Contest 2022, Upaya Hino Perkuat Layanan di Era Euro 4

DAPURPACU – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) terus berupaya meningkatkan keahlian para garda terdepannya, untuk meingkatkan layanan dan service level di tiap jaringan resmi Hino.

Melalui gelaran Customer Satisfaction (CS) Contest 2022, menjadi momen bagi Hino untuk mengevaluasi kinerja seluruh layanan purna jualnya, demi kepuasan konsumen.

Dengan mengusung teman ‘Be a Champion for Euro4 & Onsite Business by Utilize IT System and Human Touch’, CS Contest tahun ini digelar secara hybrid baik itu online dan offline.

Santiko Wardoyo, COO Director HMSI mengatakan, seluruh level personil Hino, harus terus meningkatkan kemampuan, agar dapat menjadi Trusted People diseluruh aspek layanan Hino.

“Sehingga Customer terus yakin dan percaya atas layanan maksimal yang kita berikan dan dapat memberikan kontribusi yang besar bagi pertumbuha, bisnis pelanggan,” ujar Santiko.

Lebih lanjut, Santiko menuturkan, sejalan dengan tema, pihaknya ingin mengevaluasi tingkat kapabilitas dan implementasi Euro 4, serta pemanfaatan IT system dan digital tools.

Baca juga:  Hino Siagakan 18 Posko Lebaran 2025, Siap Beroperasi 24 Jam

Dengan begitu dapat menjaga dan meningkatkan loyalitas pelanggan, serta dapat memberikan solusi terbaik bagi bisnis konsumen melalui hubungan jangka panjang untuk pertumbuhan bisnis bersama-sama.

“Kami memfokuskan CS Contest untuk mengevaluasi tingkat kapabilitas dan implementasi personil di era Euro-4,” jelas Presiden Direktur HMSI, Masato Uchida.

Terdapat 7 kategori yang dilombakan, yaitu mechanic, light duty sales, medium duty sales, field advisor, part fleet salesman, internal dealer training (IDT) Sales & Aftersales.

Seluruh diler Hino mengirimkan personel terbaik disetiap kategori yang dilombakan. Para kontestan terpilih dalam kontes ini sudah menjalani serangkaian pelatihan dan tes yang kedepannya dapat diterapkan untuk melayani kebutuhan customer.

Dalam CS Contest 2022, materi dititikberatkan pada layanan Hino Total Support dan layanan customer berbasis digital pada kendaraan Hino Euro 4 yang tahun ini baru diterapkan.

Materi tersebut seperti mengenai engine common rail, yang merupakan teknologi mesin andalan Hino yang diklaim lebih efisien untuk biaya operasionalnya.

Baca juga:  Jelang Lebaran, Hino Gelar Workshop Keselamatan bagi PO Bus

Sementara untuk kompetensi utama seperti mekanik, turut dinilai dari kemampuannya mulai dari penggunaan DX Tools, memecahkan masalah terkait problem kendaraan yang disebabkan engine management system dan problem teknik lainnya.

Babak semifinal CS Contest 2022 digelar secara online pada September dan Oktober lalu, yang diikuti oleh 259 peserta dari seluruh diler Hino di Indonesia.

Selanjutnya, tiga peserta terbaik di masing-masing kategori dari empat area di Indonesia lolos ke babak final. Total 84 finalis yang hadir untuk merasakan atmosphere kompetisi Hino CS Contest 2022.

Adapun babak grand final digelar di Hino Total Support Center, Jatake Tangerang. Keluar sebagai pemenang atau Best National CS Contest 2022 adalah diler PT Indomobil Prima Niaga – Jakarta.

Sementara untuk pemenang dari masing-masing wilayah yaitu diler PT Indomobil Prima Niaga – Medan (Best Region Sumatra), PT Indomobil Prima Niaga – Jakarta (Best Region Jabodetabek Jabar) dan PT Duta Cemerlang Motor (Best Region Jawa Bali Nusa Tenggara).

Baca juga:  Hino Siagakan 18 Posko Lebaran 2025, Siap Beroperasi 24 Jam

Lalu PT Automobil Prima – Kalimantan Tengah sebagai Best Region Kalimantan Sulawesi Maluku Papua). Sedangkan Best Improvement Dealer diraih PT Auto Borneo Perdana – Pontianak.

Bersamaan dengan even itu, HMSI turut menggelar Konferensi Kaizen, dimana ini merupakan kompetisi improvement yang sudah dilakukan di dealer-dealer Hino.

Total ada 82 peserta yang mengikuti konferensi secara hybrid tersebut, dan pemenang untuk kategori sales diraih oleh PT Indomobil Prima Niaga – Jakarta. Sementara untuk kategori aftersales dimenangkan oleh PT Indomobil Prima Niaga – Surabaya.

“Konferensi Kaizen tentunya merupakan wadah untuk mengumpulkan banyak ide kaizen yang dapat diimplementasikan sebagai perbaikan yang lebih baik untuk masing-masing diler,” tutup Uchida. [dp/MTH]

Previous articleTim Red Bull Racing Optimis Tempatkan Sergio Perez ke Posisi 2 Juara Dunia F1 2022
Next articleKomunitas Wuling Jajal Almaz Hybrid, ini Komentar Mereka