Kelebihan-kelebihan Pada Daihatsu Rocky ini Wajib Anda Ketahui

DAPURPACU – Daihatsu Rocky dihadirkan oleh PT Astra Daihatsu Motor untuk meramaikan segmen low SUV di Indonesia, yang terus memperlihatkan pertumbuhan beberapa tahun ini.

Kemunculannya pun diyakini memberikan warna baru kepada masyarakat dan konsumen Daihatsu tentunya, yang menginginkan sebuah compact SUV yang berbeda dari yang sudah beredar di pasar saat ini.

Meski mengusung nama yang sama seperti model lawas, model reinkarnasi dari model Rocky era 80an, namun Daihatsu Rocky terbaru memiliki keunggulan lebih baik dibanding varian lamanya.

“Daihatsu Rocky dapat menjadi pilihan utama bagi mereka yang berjiwa muda,” kata Marketing Director, dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor, Sri Agung Handayani.

“Sekaligus mendukung aktivitas mereka agar dapat terus eksis dan memberi kebanggaan bagi penggunanya,” ujar Sri Agung, dalam siaran resminya saat peluncuran Rocky.

Lalu apa saja kelebihan dan keunggulan yang diusung dari Daihatsu Rocky terbaru ini? Simak detailnya di bawah ini.

Platform Berbasis Daihatsu New Global Architecture

Baca juga:  Daihatsu Salurkan 76 Hewan Kurban Kepada Masyarakat Sekitar Pabrik

Konfigurasi mesin 3 silinder ini menjadi sesuatu yang baru dan diterapkan pada Daihatsu Rocky. Walaupun mesin tersebut terkenal dengan stigma getar, tapi tidak saat dipasangkan di Daihatsu Rocky.

Dengan proporsi dan arsitektur dari platform berbasis Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang cerdas, justru mesin 3 silinder ini menjadi salah satu kelebihan.

Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan mencapai 87 hp dengan torsi puncak 115 Nm pada putaran 4500 rpm untuk mesin WA-VE 1.2L, sementara untuk mesin berkode 1KR-VET 1.0L melontarkan tenaga 96 hp serta torsi 143 Nm direntang putaran 2.400-4.000 rpm.

Selain itu, mesin turbo yang disematkan juga memiliki kelebihan, diantaranya untuk mendapatkan tenaga dan torsi besar sekaligus tingkat efisiensi bahan bakar yang maksimal.

Mesin Powerful Namun Tetap Irit dan Efisien

Berbekal mesin baru tersebut, Daihatsu Rocky dalam pengujian internal di berbagai kondisi jalan mampu mencapai 18,6 km/liter sampai dengan 23.4 km/liter.

Pencapaian ini tidak terlepas dari peran transmisi D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) yang dipasangkan, yang memberikan perpindahan tiap gigi halus.

Baca juga:  Daihatsu Salurkan 76 Hewan Kurban Kepada Masyarakat Sekitar Pabrik

Rocky Safety Assist

Kelebihan berikutnya yang dimiliki Daihatsu Rocky terbaru ini adalah memiliki fitur-fitur keamanan paling tinggi dan spesial di kelasnya, yaitu Daihatsu A.S.A atau Advance Safety Assist.

Beberapa fitur ini diantaranya Pre Collision Warning, Pre Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, serta Lane Departure Prevention.

Fitur ini dapat mendeteksi adanya kendaraan atau benda yang dapat membuat mobil Anda rusak. Didukung kamera bersensor ultrasonik dan electronic control module safety sense yang membuatnya dapat berfungsi secara maksimal.

Desain Lebih Tegas dan Agresif

Dilihat tampilannya secara keseluruhan, desain eksterior Daihatsu Rocky menonjolkan kesan tegas dan agresif, nampak pada bumper depannya yang terdapat garis-garis tegas.

Kesan tersebut juga dapat dilihat dari adanya guratan otot yang terdapat di beberapa bagian. Khususnya pada bagian spakbor dan kap mesinnya.

Interior Minimalis Namun Modern

Kelebihan berikutnya tertera pada interiornya, khususnya di seantero kabin. Kabin Rocky memiliki kesan yang mewah, modern, tapi tetap minimalis. Kesan ini nampak dari head unit-nya yang berada di tengah dashboard.

Baca juga:  Daihatsu Salurkan 76 Hewan Kurban Kepada Masyarakat Sekitar Pabrik

Kesan mewah juga bisa dilihat adanya perpaduan warna hitam, silver dan merah di beberapa bagian. Selain itu, perpaduan tiga warna ini membuat kabinnya terlihat lebih sporty.

Untuk fitur-fitur yang disematkan khususnya di area dashboard terbilang unik, dimana seluruhnya menghadapi ke pengemudi, menciptakan kesan driver oriented yang kuat.

Ruang Bagasi Cukup Luas

Daihatsu Rocky edisi lama memiliki bagasi sangat sempit, dikarenakan adanya ban serep atau ban cadangan. Anda tidak akan melihatnya lagi di Daihatsu Rocky terbaru ini.

Bagasi Rocky teranyar tidak lagi dilengkapi ban serep, membuat bagasinya menjadi lebih luas. Bahkan, bagasinya dapat diatur menjadi dua tingkat dengan kapasitas 303 L dan 369 L.

Dengan begitu, Anda dapat memasukkan seluruh barang bawaan dalam jumlah banyak, seperti saat mudik kelak ke kampung halaman Anda. [dp/TH]

Previous articleBegini Tampilan Interior All New Daihatsu Astra Ayla, Atmosfernya Beda Loh!
Next articlePebalap Astra Honda Sapu Bersih Podium AP250 di ARRC Thailand