Gusur Carlos Ghosn, Mitsubishi Tunjuk Osamu Masuko Sebagai Chairman


TOKYO (DP) – Jajaran direksi Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dalam rapatnya yang digelar Senin (26/11), memutuskan untuk melengserkan Carlos Ghosn sebagai Representative Director dan Chairman perusahaan.

Langkah itu sebagai tindak lanjut dari penagkapan dan penahanan Ghosn yang diduga melakukan pemalsuan laporan keuangan dan pendapatannya kepada otoritas bursa Tokyo Stock Exchange serta penggelapan aset perusahaan saat menjabat sebagai Chairman di Nissan Motors Corporation.

Untuk diketahui, Ghosn selain Representative Director dan Chairman di Nissan, juga menjabat di MMC menyusul kesepakatan membentuk aliansi strategis antara MMC dan Nissan.

Disebutkan MMC melalui pernyataan tertulisnya, Ghosn telah kehilangan kepercayaan dari Nissan, sehingga kondisi itu dinilai menyulitkannya untuk melanjutkan tugasnya sebagai Representative Director dan Chairman Dewan Direksi.

Dengan keputusan rapat ini, maka posisi chairman di MMC menjadi lowong. Untuk itu rapat dewan direksi MMC menunjuk Osamu Masuko, yang saat ini menjabat sebagai Representative Director dan CEO, menjadi Chairman untuk sementara sampai digelar rapat umum pemegang saham berikutnya.

Baca juga:  Babak Baru Manipulasi Keuangan Ala Carlos Ghosn

Selain MMC, posisi Ghosn di Renault dan Nissan turut dilengserkan karena ketiga pabrikan mobil ini terjalin dalam sebuah aliansi besar Renault-Nissan-Mitsubishi. [dp/TGH]