Haridarma Manoppo Pertahankan Supremasi TTI di Kelas Touring

Tim Toyota juara umum Nasional balap Touring musim 2018.

JAKARTA (DP) – Gelar juara nasional kelas ITCC 1600 Max sukses direbut Haridarma Manoppo, usai pada seri akhir kelas tersebut dirinya menduduki podium kedua, yang berlangsung di BSD City Circuit – BSD Grand Prix, Tangerang, Minggu (2/12) lalu.

Pebalap Toyota Team Indonesia bahkan menumbangkan kepiawaian sang pebalap ‘gaek’ Alvin Bahar meski memperoleh tiga kali kemenangan sepanjang tujuh seri berlangsungnya ajang Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2018.

Dari hasil tersebut menjadikan Toyota Team Indonesia (TTI) juara nasional untuk kedua kalinya. Selain Hari, dua pebalap lain yang juga berkontribusi besar pada prestasi ini yakni Demas Agil dan Alinka Hardiyanti.

Demas berhasil mengisi podium ketiga pada seri akhir tersebut, sementara Alinka menutup di lima besar nasional dan tetap menjadi juara pertama untuk kategori pembalap wanita di ajang balap touring tersebut.

Presiden Direktur TAM Yoshihiro Nakata mengucapkan selama kepada Haridarma Manoppo usai putaran final Kejurnas ITTC 1600 MAX.

Sejatinya, saling kejar mengejar poin terjadi diantara keduanya, dimana perolehan nilai Hari unggul lima poin dari Alvin sebelum seri BSD Grand Prix dilaksanakan. Posisi Hari tergolong belum aman, lantaran dia harus finish minimal podium kedua.

Baca juga:  Haridarma TTI, Tim Pabrikan Tak Terkalahkan

Jalannya balapan setelah superpole terbilang menyulitkannya, Hari justru berada di posisi ketiga di bawah Alvin Bahar (P1) dan Demas Agil (P2). Seluruh kemampuan coba dilontarkan Hari agar secepat mungkin posisinya tepat berada di belakang Alvin.

Masa itu pun akhirnya datang. Demas menyerempet pembatas, sehingga dimanfaatkan oleh Hari untuk bisa menyelinap di posisi kedua, meski secara tautan waktu tergolong dari Alvin.

Usai balapan dirinya mengaku All New Yaris yang menjadi tunggangannya tampil kurang kompetitif. Dengan kata lain, lanjutnya, ada sesuatu yang tidak beres dengan mobil.

“Settingan yang diberikan untuk mobil tidak sanggup untuk mengejar ke depan. Gampangnya, saya salah setting mobilnya,” tambah Hari, seperti dikutip Sportku.

Bicara target, Hari cukup senang dengan pencapaian ini, meski target untuk memborong seluruh penghargaan juara seperti tahun lalu tidak tercapai.

“Persaingan tahun ini jauh lebih kompetitif. Saya dan Alvin sama-sama juara satu tiga kali, dan tidak finish sekali. Semua berjalan kompetitif hingga akhir seri,” ujar Haridarma.

Baca juga:  Suzuki Jimny 5 Pintu Baru Meluncur Setelah 2020

“Semangat pantang menyerah untuk menjadi juara memberikan kontribusi yang sangat berarti bagi TTI untuk kembali menjadi juara nasional balap touring di 2018 sekaligus mempertahankan gelar juara tersebut untuk yang kedua kalinya,” kata Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto. [dp/MTH]