Kembaran Suzuki Baleno Itu Bernama Toyota Glanza


NEW DELHI (DP) – Anak pertama dari hasil ‘perkawinan’ Toyota-Suzuki sebentar lagi lahir ke dunia. Model berbasis Maruti Suzuki Baleno itu kemungkinan akan diberi nama Toyota Glanza.

Kemitraan Toyota-Suzuki yang terbentuk pada awal 2017 lalu itu tak hanya menghasilkan model kendaraan untuk pasar India, tapi juga menyasar pasar global. Ada beberapa model kendaraan yang akan saling bertukar emblem dan logo di antara kedua pabrikan mobil asal Jepang itu. Model pertama yang akan hadir adalah hatchback yang menggunakan basis Baleno.

Selain mobil bermesin konvensional, Toyota-Suzuki juga menggarap proyek kerjasama untuk pengembangan kendaraan listrik, hybrid dan teknologi lainnya.

Menurut laporan media setempat, Toyota Glanza akan mulai dikirim ke dealer pada 6 Juni mendatang.

Produksi hatchback premium itu sudah dimulai di pabrik Gujarat menjelang debutnya di pasar sekitar dua bulan lagi.

Untuk nama memang belum diungkap ke publik. Tapi di kalangan internal Toyota, model berkode A11 itu bisa jadi akan bernama Glanza. Nama itu sesuai nama ang telah didaftarkan Toyota di India.

Baca juga:  Merasakan Aura Segar Honda Mobilio Facelift

Toyota Glanza akan memiliki beberapa perbedaan dengan saudaranya, Baleno, yakni dengan ubahan pada bagian fascia depan, terutama desain gril dan bumper depan dan belakang.

Toyota Kirloskar Motor kemungkinan hanya menawarkan Glanza dengan pilihan mesin bensin 1.2 liter dan mesin bensin Boosterjet 1.0 liter. Untuk tenaga dan torsi baik Baleno maupun Glanza tak ada perbedaan.

Diperkirakan Toyota Glanza memiliki dua varian, yakni Alpha dan Zeta. Kedua varian tersebut dibekali transmisi manual 5 percepatan dan matik CVT.

Untuk kabin Toyota Glanza besar kemungkinan tak banyak perbedaan dengan Baleno. Hanya saja, Glanza akan dibekali beberapa fitur keselamatan lebih baik, sehingga harganya juga akan lebih mahal ketimbang Baleno. [dp/TGH]