Siap Menggebrak, Toyota Mulai Pamer Deretan Mobil Listrik Anyar


TOKYO (DP) – Toyota telah memperbarui strategi produknya untuk lima tahun ke depan, yang kini mencakup penjualan 5,5 juta kendaraan elektrifikasi hingga 2025 serta mengembangkan baterai solid-state battery mulai medio tahun ini.

Perubahan arah strategi baru Toyota ini diumumkan oleh Shigeki Terashi, yang tak lain adalah kepala R&D dan executive Vice President Toyota.

Menurut laporan Reuters, raksasa otomotif Jepang ini melakukan perubahan target elektrifikasi kendaraan lima tahun lebih cepat dari target yang dicanangkan sebelumnya. Hal itu dilakukan karena telah terjadi peningkatan permintaan mobil listrik yang cukup masif belakangan ini.

Selain menyiapkan beberapa model mobil listrik murni, Toyota juga ingin memperkenalkan baterai jenis solid-state untuk elektrifikasi kendaraan mulai tahun depan dan juga saat menjelang penyelenggaraan Olimpiade Musim Panas di Tokyo.

“Hanya ingin berupaya tidaklah cukup. Anda harus benar-benar dapat mewujudkannya ke hadapan konsumen. Jika memungkinkan, kami akan memperkenalkan baterai anyar ini pada Olimpiade Tokyo tahun depan dan kami ingin memastikan bahwa baterai ini sudah dapat dipertontonkan kepada publik,” papar Terashi.

Baca juga:  Honda e Resmi Dijual Mulai Musim Panas 2020

Kendaraan listrik akan memainkan peran krusial bagi masa depan Toyota, dan tahun depan pabrikan mobil terbesar Jepang ini akan meluncurkan C-HR versi listrik dan kembarannya bernama Izoa di China. Tak cuma itu, karena Toyota juga akan merilis mobil mini listrik dua tempat duduk khusus pasar Jepang dengan daya jelajah 100 km.

Dari 5,5 juta kendaraan listrik yang akan dijual hingga 2025, Toyota ingin sedikitnya 1 juta unit adalah campuran antara mobil listrik murni atau berteknologi fuel cell hidrogen.

Dalam menunjang target besar itu, Toyota saat ini tengah mengembangkan arsitektur khusus mobil listrik yang berbasiskan pada platform TNGA eksisting. Platform dengan nama e-TNGA ini akan digunakan untuk sejumlah model SUV kompak yang digarap bareng dengan Suzuki dan SUV medium yang diracik bersama Subaru. Tak berhenti di situ, karena Toyota juga berencana membuat crossover, sedan, SUV besar dan juga minivan bertenaga listrik.

Baca juga:  Wuling Hadirkan Baojun E200 di ajang IEMS 2019

Bahkan Toyota sudah merilis deretan gambar berbagai jenis kendaraan listrik dalam bentuk model tanah liat. Ini akan menjadi acuan untuk gaya desain kendaraan listrik Toyota di masa mendatang. Masing-masing model dibekali wheelbase panjang, kamera belakang, dengan desain modern dan keren. [dp/TGH]