Mirza Utama Raih Dua Podium di Putaran Kelima ISSOM 2019 | dapurpacu.id

Mirza Utama Raih Dua Podium di Putaran Kelima ISSOM 2019

Mirza Putra Utama berhasil meraih podium ketiga di ajang Kejurnas JSTC. Selain itu, Mirza juga meraih podium pertama Kelas Promotion ajang ITCR Max.

DAPURPACU – Mirza Putra Utama, pebalap dari Asco Motorsport mampu berbicara banyak di ajang Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM), yang berlangsung akhir pekan lalu di Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat.

Berlaga di dua ajang berbeda yakni Kejuaraan Japan Super Touring Championship (JSTC) dan Kejuaraan Indonesia Touring Car Race (ITCR) Max, pebalap muda ini berhasil naik podium.

Pada Kejuaraan JSTC, Mirza finish di podium ketiga pada kelas production, tepat di belakang pebalap Toyota Team Indonesia, Haridarma Manoppo dan Demas Agil.

Perjuangannya tergolong sangat signifikan, di mana ia juga harus beradu cepat dengan mobil balap lain yang memiliki kapasitas mesin lebih besar.

Terlebih saat balapan berlangsung, Mirza memulainya dari posisi buncit. Namun, ia terus memberikan perlawanan dan mampu melakukan overtake beberapa mobil hingga akhir balapan dan finish di urutan ketiga.

Sebelum mendulang keberhasilan, Toyota Yaris yang menjadi tunggangan Mirza sempat mengalami kendala, salah satunya adalah mesin jebol saat sesi latihan yang dilaksanakan pada Jumat (11/10).

Namun, tim Asco Motorsport mampu bergerak cepat sehingga memberikan performa terbaik bagi Mirza saat beradu kencang di atas lintasan Sirkuit Sentul.

“Perasaannya kesel sih. Itu kan lagi sesi free practice, yang artinya sedang mencari setingan terbaik. Terus juga ada rasa khawatir pas kualifikasi enggak dapat settingan maksimalnya. Tapi Alhamdulillah semua berjalan lancar saat balapan,” jelas Mirza, dalam keterangan resminya, Selasa (15/10).

“Perasaannya seneng sih bisa dapet podium. Karena saat balapan di JSTC, saya start dari belakang,” tambah Mirza usai menerima piala.

Berlanjut pada Kejuaraan Nasional ITCR Max. Mirza harus berhadapan dengan pebalap yang memiliki jam terbang tinggi. Lawan yang dihadapi antara lain Haridarma, Alvin Bahar (Honda Racing Indonesia), dan Demas. Selain nama-nama itu, ada beberapa pebalap lain yang juga mengincar podium kemenangan.

Di penghujung balapan, Mirza sukses meraih podium pertama di antara pesaingnya di kelas promotion. Melihat kesuksesan tersebut, Mirza sukses menutup rangkaian putaran kelima dengan meraih podium di dua kejuaraan berbeda.

Pmbalap yang dimentori Haridarma ini sukses menorehkan waktu tercepat 1 menit 52,795 detik saat Kejurnas ITCR Max. Sedangkan pada balapan JSTC, Mirza mengemas 1 menit 52,186 detik. [dp/MTH]