Ratusan Juta Diperebutkan, HRSC 3 Jadi Kompetisi Internasional

DAPURPACU – PT Honda Prospect Motor (HPM) memulai kembali ajang kompetisi Honda Racing Simulator Championship (HRSC), yang mana tahun ini memasuki musim ketiga.

Di ajang kali ini, HRSC bakal menyajikan tantangan lebih bagi para peserta dengan mobil dan sirkuit yang baru. Menariknya, Honda membuka pendaftaran untuk peserta dari seluruh dunia.

Communication Strategy Senior Manager HPM, Adhi Parama Sugarda mengklaim, selama dua tahun digelarnya HRSC sejak 2020, terus mendapat antusiasme dari para pecinta balap mobil virtual.

“Hal itu dibuktikan dengan terus meningkatnya jumlah peserta dari tahun ke tahun,” tutur Parama, disela peluncuran kompetisi HRSC di Dreams Cafe Jakarta, Senin.

Dia menambahkan, keseruan lain yang hadir pada musim ini adalah dibukanya pendaftaran peserta dari domestik maupun mancanegara.

“Dengan begitu SimRacer di Indonesia mampu bersaing dengan para pebalap internasional, dan menambahkan berbagai aktivitas yang membuat semakin banyak orang dapat menikmati keseruan balapan.”

Baca juga:  Honda Brio Slalom Challenge Seri Ketiga Semarang Berlangsung Seru

Sesi pendaftaran sudah dibuka sejak 26 Juli lalu dan ditutup pada 18 Agustus 2022. Diklaim hingga kini sudah terkumpul 118 peserta domestik maupun mancanegara.

Kompetisi sendiri dijadwalkan dimulai pada 27 Agustus dan berakhir 26 November 2022. Serunya balapan di tiap seri dapat disaksikan langsung melalui Youtube @Hondaisme.

Seperti musim sebelumnya, HRSC 3 tetap menggunakan program Rfactor 2, salah satu simulator balap dengan grafis dan sensasi berkendara yang paling mendekati nyata.

Terdapat kelas dan mobil baru yang dilombakan yakni menggunakan City Hatchback RS. Juga ada penambahan tiga sirkuit baru yang digunakan kelak oleh peserta.

Ketiganya yaitu Sirkuit Zandvoort (Belanda), Istanbul (Turki), Hockenheimring (Jerman) dan Oulton Park (Inggris), melengkapi sebelumnya seperti Road Atlanta (Amerika Serikat) dan Suzuka (Jepang).

Total hadiah lebih dari Rp100 juta bakal diperebutkan, dimana hadiah diberikan berdasarkan pengumpulan poin masing-masing. Sehingga mereka harus berusaha mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya yang akan diakumulasi pada seri terakhir.

Baca juga:  Pebalap Honda Racing Indonesia Siap Raih Podium (Lagi) di Seri 3 ISSOM 2022

Pada kelas New Civic Type R, peserta akan mendapatkan Rp65.000/poin, kelas City Hatchback RS Rp20.000/poin, serta kelas Brio RS Urbanite mendapatkan Rp10.000/poin.

Sementara untuk tiga peserta dengan poin terbanyak pada masing-masing kelas berhak mendapat hadiah tambahan diluar dari hadiah perolehan poin.

Untuk kelas New Civic Type R, juara pertama mendapatkan tambahan hadiah sebesar Rp5 juta, diikuti juara kedua Rp3 juta dan juara ketiga mencapai Rp2 juta.

Sementara di kelas City Hatchback RS, juara pertama mendapat tambahan hadiah sebanyak Rp3 juta, juara kedua Rp2 juta, dan juara ketiga sebesar Rp1 juta.

Lalu pada kelas Honda Brio RS Urbanite, juara pertama akan mendapatkan tambahan Rp2 juta, juara kedua Rp1,5 juta, serta juara ketiga Rp700 ribu.

Tak hanya itu, pada HRSC musim ini peserta juga dapat mengikuti Livery Contest, kompetisi desain grafis dengan menggunakan platform digital.

Baca juga:  Upaya Honda Dekatkan Pelayanan Untuk Konsumen di Binjai

Pada kontes yang dimulai dari 26 Juli hingga 18 Agustus 2022 ini, peserta bebas menggunakan ‘kanvas’ tiga unit mobil yaitu New Civic Type R, City Hatchback RS dan Brio RS Urbanite.

Pemenang dari kompetisi ini dari masing-masing tipe kanvas mobil bakal mendapatkan hadiah sebesar Rp1,2 juta. Terdapat juga pemenang dari pilihan terbanyak di media sosial, pemenang kelas favorit akan mendapatkan Rp900 ribu.

Sebagai informasi, pendaftaran ajang HRSC 3 terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya sepersen pun. [dp/MTH]

Jadwal Lengkap HRSC 3:
– Seri 1 : 27 Agustus 2022 – Sirkuit Zandvoort (National), Belanda
– Seri 2 : 24 September 2022 – Sirkuit Istanbul, Turki
– Seri 3 : 15 Oktober 2022 – Sirkuit Road Atlanta, Amerika Serikat
– Seri 4 : 29 Oktober 2022 – Sirkuit Hockenheimring, Jerman
– Seri 5 : 12 November 2022 – Sirkuit Oulton Park, Inggris
– Seri 6 : 26 November 2022 – Sirkuit Suzuka, Jepang